Kue Lebaran Enak

Kriuk Gurih 5 Camilan Khas Sajian Hari Raya

Devi Setya - detikFood Rabu, 22 Mei 2019 18:52 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak
Jakarta - Bukan hanya kue kering dan cake yang biasa jadi suguhan di momen Lebaran. Aneka snack gurih juga tak luput jadi suguhan spesial untuk tamu.

Snack seperti keripik, kacang, sumpia hingga rengginang juga kerap jadi sajian spesial di hari raya. Berikut ini beberapa snack gurih dan renyah yang biasa hadir mendampingi kue kering.

1. Kacang Goreng
Kriuk Gurih 5 Camilan Khas Sajian Hari RayaFoto: istimewa

Kacang goreng aneka jenis biasa jadi hidangan Lebaran, mulai dari kacang tanah, kacang mede hingga kacang telur. Selain bisa jadi teman ngobrol, kacang juga termasuk camilan yang mudah dibuat dan praktis.

Untuk membuat kacang goreng di rumah, caranya cukup mudah. Pilih jenis kacang yang mau diolah lalu cuci bersih dan goreng hingga garing. Beri bumbu untuk membuat rasa kacang lebih enak.

Baca juga : 8 Camilan Tradisional Ini Juga Cocok Jadi Suguhan Hari Raya (1)

2. Keripik
Kriuk Gurih 5 Camilan Khas Sajian Hari RayaFoto: istimewa

Berkumpul dengan keluarga besar memang paling enak sambil ngemil, coba sajikan aneka keripik sebagai camilan. Banyak ragam keripik yang bisa dijajal mulai dari keripik singkong, keripik kentang, keripik umbi hingga keripik pisang.

Jangan khawatir kalau tak ahli mengolah keripik, menjelang Lebaran akan banyak penjual keripik yang bermunculan. Keripik-keripik ini bahkan tersedia dalam berbagai pilihan rasa dan bisa dibeli dengan jumlah sesuai kebutuhan.

3. Sumpia
Kriuk Gurih 5 Camilan Khas Sajian Hari RayaFoto: istimewa

Seperti kue kering, sumpia kadang disajikan di dalam stoples kedap udara. Berjajar dengan stoples kue-kue kering manis. Sumpia ini memiliki rasa gurih dan tekstur renyah.

Terbuat dari kulit lumpia yang diberi isi ebi atau abon, sumpia kemudian digoreng sampai garing. Rasanya yang gurih dan renyah kadang membuat orang ketagihan.

4. Rengginang
Kriuk Gurih 5 Camilan Khas Sajian Hari RayaFoto: istimewa

Rengginang juga jadi makanan tradisional yang kerap hadir saat Lebaran tiba. Kudapan renyah yang biasa terbuat dari beras ketan ini biasa dijual dalam bentuk kering seperti kerupuk.

Untuk mengolah rengginang cukup dengan digoreng hingga mengembang dan matang. Rengginang bisa disimpan dalam stoples kedap udara untuk mempertahankan teksturmya. Rengginang kini tersedia dalam berbagai warna sehingga tampilannya lebih menarik dan cantik.

Baca juga : Selain Kue Kering, Aneka Camilan Gurih Ini Wajib Ada Saat Lebaran

5. Kembang Goyang
Kriuk Gurih 5 Camilan Khas Sajian Hari RayaFoto: istimewa
Camilan klasik asli Betawi ini tak pernah absen saat momen hari raya ataupun dalam acara besar seperti momen pernikahan. Kembang goyang memiliki bentuk yang unik yakni bundar dengan beberapa lubang di setiap sisinya.

Dibutuhkan alat dan trik khusus untuk membuat kembang goyang. Kalau mau mencoba membuat kembang goyang, bisa cek resepnya di sini. Tapi kini sudah banyak penjual kembang goyang siap santap. (dvs/odi)
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak