Keliling Jogja, Bule Ini Cicipi Jenang, Gudeg hingga Kopi Joss

Devi Setya - detikFood Rabu, 22 Mei 2019 15:00 WIB
Foto: youtube Foto: youtube
Jakarta - Dua bule asal New Zealand sengaja mampir ke Jogja demi bisa mencicipi aneka kuliner tradisionalnya. Mereka mencoba banyak makanan mulai dari jenang, gudeg, ayam geprek hingga kopi joss.

Pasangan bule bernama Thomas dan Sheena ini memang termasuk orang yang suka makan dan sering keliling dunia untuk mencoba makanan tradisional. Kali ini mereka mampir ke Jogja dan mencoba banyak makanan enak.
Keliling Jogja, Bule Ini Cicipi Jenang, Gudeg hingga Kopi JossFoto: youtube

Baca juga : Reaksi Lucu Orang Bule Makan Nasi Ayam Kremes Pakai Tangan

Lewat channel Youtubenya 'Chasing a Plate', keduanya mengabadikan momen kulineran lewat sebuah video. Dalam video berdurasi 18 menit ini terekam jelas makanan apa yang mereka santap.

Destinasi pertama yang mereka sambangi yakni Pasar Lempuyangan, di sini mereka mencoba jenang. Bubur manis yang terdiri dari campuran sumsum, biji mutiara, biji salak ini disajikan dengan saus gula merah dan santan.

Sheena yang mencicip jenang ini mengatakan kalau bubur ini terasa enak dan manis. Di Jogja dan beberapa daerah di Jawa Tengah, jenang biasa dijadikan menu sarapan.
Keliling Jogja, Bule Ini Cicipi Jenang, Gudeg hingga Kopi JossFoto: youtube

Menu selanjutnya yang juga dicoba yakni gudeg. Keduanya datang ke kedai gudeg Mbah Lindu yang termasuk salah satu gudeg legendaris yang terkenal sejak 1940. Sebagai turis, Sheena dan Thomas termasuk yang paham soal makanan khas Jogja.

Keduanya bahkan sempat menjelaskan kalau gudeg ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah. "Wow ini enak sekalli, rasanya seperti daging yang lembut. Kami beruntung sudah mencicip gudeg ini karena saat kami selesai makan, kedai ini langsung tutup karena sudah habis," jelas Thomas.

Menu selanjutnya yang dicoba adalah ayam geprek. Keduanya merasa takjub melihat proses pembuatan dan penyajian ayam geprek yang unik.

Usai memilih ayam goreng, penjual akan mengulek sambal dengan tingkat kepedasan sesuai selera lalu ayam akan dihancurkan di atas cobek sambil dicampur sambal. Terlihat bagian tulang ayam juga ikut hancur.

Ayam geprek yang disantap dengan nasi dan tumis labu siam ini juga tak luput dari pujian. "Saya memilih 3 cabai dan ini rasanya cukup pedas. Rasa ayamnya enak, juicy dan makin enak dimakan dengan nasi dan sayurnya," beber Sheena sambil menyantap ayam geprek.

Terakhir, mereka mencoba kopi joss. Kopi yang disajikan dengan bongkahan arang kayu ini dianggapnya unik. Tak hanya melihat, Thomas juga mencoba menikmati kopi panas yang mendidih karena ditambah arang panas.
Keliling Jogja, Bule Ini Cicipi Jenang, Gudeg hingga Kopi JossFoto: youtube

Baca juga : Lihat Aksi Para Bule yang Kegirangan Saat Diajak Ngaliwet

Video yang diupload Oktober lalu ini lantas mendapat banyak perhatian netizen. Dari komentar yang dilemparkan, kedua bule ini mendapat pujian karena mencicip beberapa makanan khas Jogja.

Ada juga netizen yang penasaran dengan rasa kopi joss. Tapi tak sedikit yang mencoba memberikan beberapa rekomendasi makanan lain yang harus dicoba.

(dvs/odi)