Kue Lebaran Enak

Cara Memilih Telur Terbaik untuk Kue, Dari Jenis hingga Cirinya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 21 Mei 2019 19:45 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak
Jakarta - Telur berperan penting dalam proses pembuatan kue. Agar kue enak dan bagus kualitasnya, penting untuk memilih telur segar dalam jenis yang tepat.

Pakar kue sekaligus konsultan bakery ternama, Chef Yongki Gunawan berbagi info penting soal telur pada detikFood (20/5). Chef Yongki menjelaskan telur adalah hal penting dalam pembuatan kue basah dan kue kering. Telur berfungsi mengembangkan adonan kue.

Jenis telur yang bisa dipakai untuk kue antara lain telur ayam negeri, telur ayam kampung, dan telur bebek. "Pemakaian telur ayam negeri membuat kue bisa bertahan 6-7 hari, telur ayam kampung sekitar 10 hari, dan telur bebek bisa sampai 12-15 hari," kata Chef Yongki.

Cara Memilih Telur Terbaik untuk Kue, Dari Jenis hingga CirinyaCara menguji kesegaran telur ala Chef Yongki (Foto: dok. detikFood)

Baca Juga: Ketahui 3 Hal Soal Kuning Telur Ini Agar Tak Gagal Saat Bikin Kue

Soal umur telur terbaik, pria yang besar di Jawa Tengah ini mengatakan telur haruslah berusia sekitar 5 hari. "Untuk melihatnya bisa pakai bantuan air. Masukkan telur ke dalam baskom isi air," saran Chef Yongki.

Telur masih segar ditandai dengan posisinya yang 'tertidur' di dasar air alias tidak mengambang. Chef Yongki melanjutkan, "Kalau telurnya mengambang, berarti umurnya sudah lebih dari 5 hari. Bahkan kalau sampai 10 hari, posisi telur bisa berdiri tegak."

Telur yang mengambang itu berarti kualitasnya sudah tidak bagus, sudah ada banyak oksigen di dalamnya. "Oksigen selalu membawa bakteri. Bakteri makan semua zat yang ada dalam telur sehingga mengeluarkan gas. Akibatnya pada umur 12-15 hari, telur akan mengambang," jelas Chef Yongki.

Cara Memilih Telur Terbaik untuk Kue, Dari Jenis hingga CirinyaTelur berperan penting dalam proses pembuatan kue (Foto: Istimewa)

Kalau dibuka, telur tersebut akan mengeluarkan bau busuk hingga tercium satu ruangan. "Baunya juga tidak bisa hilang meski ditambah essens apapun," tutur pria ramah ini.

Ia juga sempat berbagi tips membeli telur di pasar atau supermarket. Sebaiknya pilih telur dari rak atau deretan paling bawah. Sebab telur yang sudah kurang segar umum ditaruh di bagian atas oleh penjual.

Telur segar itu juga kelihatan dari kulitnya. Tampilannya fresh, tapi kalau sudah 7-8 hari, kelihatannya agak pucat. "Kalau dikocok-kocok juga sudah seperti kopong. Jangan pakai telur yang seperti ini karena kalau sudah dipakai, akibatnya kue nggak tahan lama," pungkas Chef Yongki.

Baca Juga: Kuning dan Putih Telur Membuat Kue Lembut dan Renyah

(adr/odi)
FOKUS BERITA Kue Lebaran Enak