Mantan Teknisi NASA Ini Sukses Bikin Kolam Renang Jelly

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 21 Mei 2019 17:30 WIB
Foto: YouTube Mark Rober Foto: YouTube Mark Rober
Jakarta - Untuk mengetahui rasanya bernang di kolam jelly, mantan teknisi NASA ini buat percobaan selama 6 bulan. Ia pun akhirnya berhasil membuat kolam tersebut.

Untuk membuat agar atau jelly biasa, Anda hanya perlu melarutkan bubuk gelatin dengan air lalu memasaknya hingga mendidih. Setelahnya cukup menuangkannya ke dalam wadah. Lalu masukkan wadah ke dalam kulkas jika ingin cepat dingin. Sangat mudah dan praktis. Lalu bagaimana jika Anda membuat sebuah kolam jelly?

Mantan Teknisi NASA Ini Sukses Bikin Kolam Renang Jelly Foto: YouTube Mark Rober

Ternyata kolam jelly yang kenyal tidak bisa dibuat dengan mudah. Banyak orang yang sudah mencoba membuatnya namun selalu berakhir dengan jelly yang tidak kenyal bahkan cair dan encer. Namun beberapa hari yang lalu, YouTuber asal Amerika Serikat berhasil membuat kolam renang berisi 15 ton jelly.

Baca juga:Jelly Payudara dan Cupcake Batu Alam, Makanan Unik Karya Seniman (1)

Bukan sembarang YouTuber, Mark Rober merupakan mantan teknisi NASA. Tak heran kalau ada banyak aspek dan pertimbangan dalam membuat sebuah kolam jelly.

"Ini terlihat mudah. Padahal ini cukup sulit bagi seorang engineer. Jika Anda mencari 'Jell-O Pool' di Google, Anda akan mendapati CGI (visual effect video) atau beberapa video orang yang ingin coba membuatnya namun tidak berhasil," ucap Mark saat membuka video.

Mantan Teknisi NASA Ini Sukses Bikin Kolam Renang Jelly Foto: YouTube Mark Rober

Mark menyebut bahwa berenang di kolam berisi jelly merupakan salah impiannya saat kecil. "Saat saya masih kecil, saya selalu memikirkan bagaimana rasanya berenang di kolam Jell-O (jelly). Ternyata itu sangat sulit. Kami memanaskan Gelatin di dalam 55 galon drum dan kemudian menggunakan gravitasi untuk menempatkan Jell-O itu ke dalam kolam," tulis Mark dalam keterangan video.

Berawal dari sebuah penelitian, akhirnya Mark tahu bahwa bubuk jelly kemasan bernama Jell-O bisa harus dipanaskan di suhu yang tepat agar menghasilkan jelly yang kenyal. "Berdasarkan hasil percobaan, Jell-O terbentuk saat dipanaskan lebih dari 160 derajat Fahrenheit (71 Celcius). Karenanya kami membuat tungku dengan enam buah drum berisi 55 galon air (208 liter) di atasnya," jelasnya.

Mantan Teknisi NASA Ini Sukses Bikin Kolam Renang Jelly Foto: YouTube Mark Rober

Masing-masing drum diberi lubang dan dipasangi kepala keran air. Kemudian selang air panjang dipasang di bagian ujung keran hingga ke dalam kolam kosong. Cara itu jadi cara termudah untuk membuat adonan jelly tetap hangat saat dialiri ke dalam kolam.

Setelahnya, Mark dan tim memikirkan cara untuk mendinginkan jelly yang sudah dituang ke dalam kolam. Caranya ternyata dengan melihat cuaca. Pihaknya sudah mempertimbangkan secara matang, kapan cuaca terbaik di dekat rumahnya yakni, tidak terlalu panas dan dingin.

Karenanya waktu terbaik untuk membuat kolam jelly ini jatuh di minggu ketiga bulan April hingga awal bulan Mei. Kerja keras Mark dan timnya selama 6 bulan ternyata membuahkan hasil. Mereka berhasil membuat kolam jelly pertama di dunia!

Baca juga: Jelly Payudara dan Cupcake Batu Alam, Makanan Unik Karya Seniman (2)

(dwa/odi)