Kafe Unik Ini Terletak di Dalam Gletser Es di Ketinggian 14 Ribu Kaki!

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 19 Mei 2019 09:34 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kafe dengan tema es atau salju memang sudah biasa. Tapi di Ladakh, ada kafe sederhana yang terbuat dari bongkahan es alami dan berada di atas awan.

Ladakh terletak di wilayah timur Jammu dan Kashmir, perbatasan antara India dan Pakistan. Wilayah ini ditutupi oleh salju dan es, dan disebut sebagai tempat tinggal tertinggi di bumi. Di mana bumi dan langit seakan bertemu, sehingga terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah.

Baca Juga: Mengintip Resto dan Kafe Unik di Korea Selatan Milik Personel EXO hingga Big Bang
Kafe Unik Ini Terletak di Dalam Gletser Es di Ketinggian 14 Ribu Kaki!Foto: Istimewa

Baru-baru ini ada kafe pertama yang buka di Ladakh. Kafe ini dibangun oleh The Border Road Organisation, di mana menggunakan bongkahan es atau gletser besar yang mirip seperti gua kecil. Kafe bernama 'Ice Cafe' ini berada tepat di atas ketinggian 14.000 kaki di atas permukaan laut, membuat kafe unik ini menjadi destinasi baru untuk para wisatawan.

Berbeda dengan kafe lainnya, Ice Cafe hanya menyediakan minuman panas, dan mie tradisional dari pegunungan. Di dalamnya hanya tersedia satu meja, dan beberapa kursi plastik. Uniknya, semua bagian dalam kafe dibuat dari es. Tapi bukan buatan mesin, melainkan es alami yang terbentuk selama musim dingin.

Agar bentuknya lebih cantik, pihak Border Road menggunakan pipa di bawah garis beku dan mendorong air yang mengalir hingga jatuh ke sana, dan membeku. Ketika musim semi tiba, dan cuacanya mulai menghangat bongkahan es ini akan mencair, dan airnya akan ditampung sebelum dialirkan ke pertanian.
Kafe Unik Ini Terletak di Dalam Gletser Es di Ketinggian 14 Ribu Kaki!Foto: Istimewa

Meski digemari banyak orang, karena terbuat dari es alami Ice Cafe ini diprediksi akan bertahan hingga pertengahan Mei ini. Selain itu bagian atas dari kafe juga dibentuk mirip seperti Stupa Budha. Sonam Chosdup, salah satu anggota dari Ice Stupa Team mengatakan bahwa inspirasi ini datang dari karya Sonam Wangchuk, dan memutuskan untuk membangun stupa yang sama di sini.
Kafe Unik Ini Terletak di Dalam Gletser Es di Ketinggian 14 Ribu Kaki!Foto: Istimewa

"Kami merasa perlu untuk membuka restoran di sini, karena banyak wisatawan yang datang ke sini meminta teh hangat, kopi, hingga mie. Sehingga kami memutuskan untuk membuat Ice Cafe ini dan mendapatkan respon yang baik," tutur Sonam dilansir dari Storypick (17/05).

Baca Juga: Kalau ke Bangkok, Jangan Lupa Mampir ke 10 Restoran Unik Ini

Kafe Unik Ini Terletak di Dalam Gletser Es di Ketinggian 14 Ribu Kaki!



(sob/odi)