Punya Rp 10.000? Bisa Buka Puasa Enak Pakai Jajanan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 17 Mei 2019 16:22 WIB
Foto: dok. DetikFood Foto: dok. DetikFood
Jakarta - Kalau THR belum turun, kamu tetap bisa buka puasa enak dengan jajanan ini. Tak perlu merogoh kocek banyak, harganya sekitar Rp 10.000 saja.

Berbekal Rp 10.000 di kantong masih bisa menikmati sajian buka puasa enak. Jajanan seperti mie ayam, nasi uduk, hingga es kelapa muda plus gorengan bisa didapat dengan uang yang tak terlalu banyak ini. Yuk, cek rekomendasi pilihan menunya.

Baca Juga: Punya Uang Rp 50 Ribu, Bisa Makan Enak di 5 Tempat di Jakarta Selatan

1. Mie ayam

Punya Rp 10.000? Bisa Buka Puasa Enak Pakai Jajanan IniFoto: dok. DetikFood

Untuk yang mau buka puasa murah dan kenyang, mie ayam patut jadi pilihan. Mie ayam murah biasanya dijajakan berkeliling menggunakan gerobak oleh penjualnya. Harganya juga masih ada yang Rp 10.000.

Mie diracik segar di tempat, mulai dari direbus, ditambahkan kecap asin dan minyak sayur, hingga limpahan topping suwiran ayam. Beberapa penjual juga masih ada yang memberikan bonus pangsit. Dijamin kenyang!

2. Nasi uduk

Punya Rp 10.000? Bisa Buka Puasa Enak Pakai Jajanan IniFoto: detikFood

Yang juga enak dan bikin kenyang dengan harga Rp 10.000 adalah nasi uduk. Beberapa penjual nasi uduk biasanya mulai berjualan sore hari, jelang waktu berbuka. Pilihan lauk untuk harga Rp 10.000 memang tak banyak, namun tetap nikmat.

Diantaranya olahan telur atau gorengan yang harganya tak terlalu mahal. Tak usah khawatir tidak kenyang, umumnya penjual nasi uduk juga sudah memberi pelengkap nasi secara cuma-cuma seperti bihun, tempe orek, atau kentang balado.

3. Bakwan Malang

Punya Rp 10.000? Bisa Buka Puasa Enak Pakai Jajanan IniFoto: detikFood

Seperti halnya mie ayam, bakwan Malang atau bakso Malang masih banyak dijajakan dengan gerobak. Harganya pun tak mahal, mulai dari Rp 8.000 per porsi. Menu berkuah segar ini pastinya cocok untuk hangatkan perut saat buka puasa.

Bakwan Malang biasanya menawarkan beberapa isian. Ada bakso kecil, bakso besar, siomay, tahu putih, tahu kuning, bakso goreng, dan bakwan. Untuk jumlah dan komposisi seharga Rp 10.000, biasanya kamu bisa menyesuaikan selera. Yuk, jajan bakwan Malang untuk buka puasa!

4. Batagor

Punya Rp 10.000? Bisa Buka Puasa Enak Pakai Jajanan IniFoto: Istimewa

Jajanan kenyal gurih khas Bandung ini juga populer di Jakarta dan sekitarnya. Harganya tak mahal bisa dinikmati mulai dari Rp 5.000 per bungkus kecil. Batagor cocok dijadikan camilan pengganjal perut saat berbuka puasa.

Isian batagor populer adalah potongan tahu putih kecil. Batagor lalu diberi potongan mentimun segar dan disirami sambal kacang. Nyamm nyamm!

5. Gorengan plus es

Punya Rp 10.000? Bisa Buka Puasa Enak Pakai Jajanan IniFoto: Istimewa

Mau menu buka puasa lumayan komplet seharga Rp 10.000? Gorengan seperti bakwan, tempe, tahu, risol, atau pastel bisa jadi pilihan. Harga yang umum ditemui adalah Rp 1.000 per buah atau Rp 5.000 untuk tiga buah gorengan. Sisihkan Rp 5.000 untuk membeli gorengan favoritmu.

Selanjutnya, sisa Rp 5.000 bisa dimanfaatkan untuk membeli es. Pilihannya juga beragam seperti es kelapa muda, es susu mangga, atau es buah. Nah, kalau tak mau es, Anda bisa menghabiskan Rp 5.000 ini untuk beli kolak pisang, biji salak, atau kolang-kaling.

Baca Juga: Tengah Bulan, Bisa Buka Puasa dengan Bakso Legendaris Rp 20 Ribu (adr/odi)