Swedish Meatball Ikea di Tahun 2020 Akan Dibuat dari Bahan Nabati

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 16 Mei 2019 18:15 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Swedish meatball identik dengan Ikea. Di tahun 2020, Ikea akan membuat sajian makanan ramah vegan tanpa daging sapi ataupun ayam.

Ikea merupakan ritel perabot rumah tangga asal Swedia. Tak hanya bisa berbelanja ragam peralatan, hampir 30 persen pelanggan Ikea sering mengunjungi restonya yang punya menu andalan berupa makanan khas Swedia yaitu Swedish Meatball.

Swedish Meatball Ikea di Tahun 2020 Akan Dibuat dari Bahan NabatiFoto: iStock

Akhir pekan lalu, Ikea mengumumkan rencananya untuk memperkenalkan Swedish Meatball yang terbuat dari bahan nabati ke menu restorannya di tahun 2020 nanti.

Perusahaan ini sedang mengembangkan Swedish Meatball tanpa menggunakan bahan baku daging, namun memiliki cita rasa seperti daging. Ikea dilaporkan akan memulai pengujian konsumen pada awal tahun depan, sebelum meluncurkan produk barunya.

"Kami melihat permintaan dari pelanggan kami untuk mendapatkan akses pilihan makanan yang beragam dan kami ingin memenuhi kebutuhan itu," ujar AB Michael La Cour selaku direktur di Ikea Food Services.

"Ambisi kami adalah membuat makanan yang lebih sehat dan berkelanjutan menjadi mudah, enak dan terjangkau, tanpa mengandalkan rasa dan tekstur," jelasnya.

Dan itulah yang diharapkan perusahan untuk menciptakan Swedish Meatball tanpa daging.

Baca Juga: Yang Terbaru dari Ikea, Hot Dog Vegan Empuk Juicy

Permintaan terhadap bahan makanan pengganti daging ini disebabkan karena konsumen mencari menu makanan yang dirasa lebih sehat. Selain itu, konsumsi daging berlebihan juga dinilai bisa memberikan dampak buruk bagi lingkungan

Swedish Meatball Ikea di Tahun 2020 Akan Dibuat dari Bahan NabatiFoto: iStock

Hal yang mendorong tren ini adalah mulai maraknya gaya hidup vegan atau vegetarian di Amerika Serikat. Para pelaku vegan dan vegetarian ini mengkhawatirkan kelangsungan hidup hewan-hewan yang semakin berkurang.

Kondisi tersebut dikhawatirkan bisa memperparah perubahan iklim dan kondisi kesehatan di lingkungan sekitar. Inilah yang menyebabkan produk dengan protein nabati, yang memiliki cita rasa seperti daging sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Amerika.

Di tahun 2015 lalu, Ikea pernah meluncurkan "veggie Balls" dengan menggunakan bahan dari alternatif protein nabati.

Baca Juga: Tak Bisa Masak? Dengan Lembaran Resep Ikea Ini Hidangan Lezat Pasti Sukses Dibuat (lus/lus)