Sering Makan Bersama Pasangan Bisa Buat Hubungan Lebih Harmonis

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 16 Mei 2019 15:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Menurut sebuah studi terbaru, rutin makan bersama pasangan ternyata sama pentingnya dengan hubungan seks untuk keharmonisan pasangan.

Rutinitas kegiatan membuat banyak pasangan tidak dapat mencari waktu untuk dihabiskan bersama dengan orang terkasih. Karenanya tak jarang, banyak hubungan yang kurang harmonis karena kurangnya komunikasi. Ternyata hal ini bisa dicegah dengan cara yang cukup mudah, yaitu dengan rutin makan bersama pasangan.

Baca Juga: Pasangan Ini Setiap Hari Makan di Restoran yang Sama Selama 15 Tahun
Sering Makan Bersama Pasangan Bisa Buat Hubungan Lebih HarmonisFoto: Istimewa
Penelitian dari Marriage Foundation di Inggris menemukan bahwa pasangan yang lebih sering makan bersama, jauh lebih bahagia. Dibandingkan mereka yang jarang makan bersama. Bahkan persentasenya mencapai 67%.

Dikabarkan Daily Mail UK (15/05), penelitian ini juga menunjukkan makan bersama memiliki kepentingan yang sama seperti hubungan seks pada pasangan.

"Pasangan yang sering memutuskan untuk makan bersama secara rutin, lebih menikmati makanan mereka," demikian kesimpulan penelitian tersebut. Hasil ini didapat setelah mengamati sepertiga dari pasangan yang menikah, serta 28% dari pasangan yang hidup bersama.

Hasil sebaliknya ditemukan pada seperlima pasangan yang sudah menikah, dan tentunya pada pasangan yang jarang makan bersama.
Sering Makan Bersama Pasangan Bisa Buat Hubungan Lebih HarmonisFoto: Istimewa
Hal ini juga disampaikan oleh Sir Paul Coleridge, selaku pensiunan hakim yang menjelaskan bahwa pengabaian dan kebosanan merupakan penyebab utama hubungan yang gagal.

"Menyediakan waktu untuk makan bersama merupakan hal yang vital, terutama untuk memastikan bahwa pasangan bisa berkomunikasi dengan baik, tanpa terganggu dengan layar (perangkat gadget. Tentunya hal ini sama pentingnya dengan seks," tutur Paul.

Peneltian ini juga belum bisa memastikan apakah makan bersama memiliki hubungan yang pasti dengan keharmonisan pasangan. Atau indikasi pasangan yang memiliki hubungan baik, lebih sering makan bersama.
Sering Makan Bersama Pasangan Bisa Buat Hubungan Lebih HarmonisFoto: Istimewa
Tentunya penelitian ini juga dilengkapi dengan beberapa faktor. Salah satunya seperti orang tua yang memiliki anak-anak di bawah usia tujuh tahun, lebih sulit untuk makan bersama pasangannya.

Organisasi Marriage Foundation juga menyarankan agar para pasangan bisa berusaha lebih keras. Seperti meninggalkan ponsel untuk sementara ketika sedang makan bersama.

Hal ini diperkuat dengan adanya survei dari United Kingdom Time Use Survey, di mana lebih dari 86% pasangan selalu melihat ponselnya ketika makan bersama. Hanya 14% yang mengaku menatap pasangannya selama mereka makan bersama.

Baca Juga: Kafe Ini Sediakan Pasangan Virtual untuk Pria Jomblo yang Makan Sendirian (sob/odi)