Pertama di Dunia, Kompetisi Latte Art Khusus Matcha Akan Digelar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 16 Mei 2019 11:15 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Latte art identik untuk kopi, tapi seni menuangkan foam susu ke atas minuman ini juga bisa untuk matcha. Kompetisi matcha latte art pertama di dunia pun akan segera digelar.

Tak bisa dipungkiri, penambahan latte art pada minuman hangat seperti kopi dan matcha membuat tampilan minuman makin cantik. Ada teknik yang perlu dikuasai barista untuk membuat latte art keren.

Mereka harus bisa 'melukis' busa susu hangat di atas permukaan cair. Teknik yang dipakai ialah menuangkan foam dengan karaf (jug) hingga muncul gambar cantik seperti bunga atau angsa.

Pertama di Dunia, Kompetisi Latte Art Khusus Matcha Akan DigelarFoto: iStock

Meski biasanya kopi yang umum ditambahkan latte art, kreasi matcha hangat juga bisa. Para barista yang membuat matcha latte art pun akan ditantang dalam kompetisi tingkat dunia yang baru pertama kali digelar.

Baca Juga: Ini 4 Tips dari Latte Artist untuk Bikin Latte Art yang Instagrammable

Dikutip dari Sora News 24 (16/5), kompetisi matcha latte art diadakan di Tokyo, Jepang pada 23 Mei 2019. Ada sekitar 40 barista dari seluruh Jepang dan bahkan Taiwan yang akan adu keterampilan membubuhi matcha dengan latte art. Proses selanjutnya ialah seleksi hingga menyisakan 12 finalis barista.

Dalam berkompetisi, mereka hanya boleh menggunakan jug dan cangkir kopi. Artinya para barista harus mengandalkan kemampuan tangan yang stabil dan tepat saja dalam membuat 'free pouring'. Nantinya latte art dinilai berdasarkan daya tarik visual, presisi, kontras, kreativitas, dan tingkat kesulitannya.

Pertama di Dunia, Kompetisi Latte Art Khusus Matcha Akan DigelarFoto: iStock

Dari 12 barista, proses seleksi berlanjut menyisakan 8 barista terbaik. Pada momen inilah kompetisi akan semakin memanas karena pengunjung yang tertarik ikut dalam penilaian bisa membantu para juri untuk memutuskan pemenangnya. Hanya saja mereka harus membayar biaya hingga 3.500 yen atau sekitar Rp 461.000.

Mengingat kriteria yang diterapkan dalam kompetisi ini adalah latte art dengan teknik 'free pouring', maka pengunjung tak akan bisa melihat seni latte art 3D yang juga populer. Nah, bagi pencinta matcha sekaligus seni latte art, wajib datang ke acara bersejarah ini! Alamatnya ada di Tokyo-to, Koto-ku, Miyoshi, 2-6-10 dan tiket bisa dibeli online di sini.

Baca Juga: Latte Art Membuat Orang Mau Membayar Kopi Lebih Mahal

(adr/odi)