Bawa Dua Onigiri Isi Ayam ke Taiwan, Pria Ini Didenda Rp 14 Juta!

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 16 Mei 2019 10:42 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tak sengaja bawa dua potong onigiri isi ayam ke Taiwan, turis asal Malaysia ini terpaksa rogoh kocek untuk bayar denda. Total dendanya hampir Rp 14 juta!

Larangan soal membawa makanan mengandung daging ke Taiwan sudah lama diberlakukan. Sederet sajian yang mengandung daging ayam, kambing, domba, babi hingga sapi tidak diperbolehkan masuk ke Taiwan tanpa pemeriksaan lebih lanjut.

Bawa Dua Onigiri Isi Ayam ke Taiwan, Pria Ini Didenda Rp 14 Juta!Foto: Istimewa

Namun masih banyak turis yang lupa dan tidak sengaja membawa sajian mengandung kelima sumber hewani itu ke sana. Lagi-lagi turis asal Malaysia yang apes, terpaksa rogoh kocek cukup dalam lantaran tidak sengaja membawa dua potong onigiri isi ayam.

Dilansir World of Buzz (15/4), seorang pria asal Malaysia bernama Tan (bukan nama sebenarnya) berujar bahwa ia bertandang ke Kaohsiung, Taiwan dengan tiga orang temannya pada 8 Mei lalu. Sebelum terbang, Tan sengaja membawa dua potong onigiri isi ayam dan dua potong onigiri isi ikan ke dalam pesawat.

Baca juga: Buka Setiap Hari, Pemilik Bakery Ini Didenda Rp 50 Juta!

Sayangnya, ia lupa menghabiskan bekalnya itu hingga terbawa hingga ke Taiwan. Begitu akan keluar, Tan dengan santai mengantre di jalur yang dikhususkan bagi penumpang tanpa barang wajib lapor.

Bawa Dua Onigiri Isi Ayam ke Taiwan, Pria Ini Didenda Rp 14 Juta!Foto: Istimewa

Begitu diperiksa, pihak Bea Cukai Taiwan menemukan dua potong onigiri isi ayam milik Tan. Sesuai peraturan, Tan pun harus membayar denda sebesar NT$ 30.000 atau sekitar Rp 13.9 juta!

Tan dan tiga orang temannya akhirnya terpaksa membayar total denda itu di lokasi. Sebenarnya bukan tanpa alasan pemerintah Taiwan menetapkan peraturan ini.

Peraturan tersebut dibuat guna mencegah penyebaran hama atau penyakit dari luar negeri ke Taiwan. Terlebih kini negara itu kabarnya memperketat peraturan soal barang bawaan turis, yakni makanan. Hal itu dilakukan untuk mencegah wabah Flu Singapura atau HFMD (Hand, Foot, and Mouth Disease) dan Demam Babi Afrika, African Swine Fever (ASF).

Bawa Dua Onigiri Isi Ayam ke Taiwan, Pria Ini Didenda Rp 14 Juta!Foto: iStock

Terkait hal ini, pemerintah Taiwan turut melarang turis membawa buah dan sayuran segar. Petugas Bea Cukai Taiwan sempat mengatakan bahwa peringatan soal peraturan ini sudah dipasang di sekitar bandara sebelum memasuki jalur pemeriksaan Bea Cukai. Selain itu, ada pengumuman khusus yang dipaparkan awak kabin di dalam pesawat.

Sayangnya Tan mengaku lupa kalau dirinya masih punya dua potong onigiri isi ayam. Meski begitu, Tan mengaku beruntung lantaran ia tidak membawa olahan daging babi. Sebab jika kedapatan membawannya, Tan harus membayar denda sebesar NT$ 1 juta atau sekitar Rp 464 juta.

Baca juga: Gara-gara Bawa 2 Potong Fried Chicken, Turis Ini Didenda Rp 14 Juta! (dwa/odi)