Resep Soto Daging yang Gurih Mantap Untuk Berbuka

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 16 Mei 2019 08:32 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Daging sapi dengan sedikit lemak juga enak dibuat soto. Kuahnya bening, gurih dan harum aroamnya. Enak dimakan dengan nadi atau lontong.

Soto daging memang tak sepopuler soto ayam. Tetapi rasanya yang gurih enak khas daging sapi disukai banyak orang. Jika bosan dengan soto ayam, soto daging bisa jadi pilihan tepat.

Untuk membuat soto daging tak perlu memakai bagian prime cut daging sapi. Bisa memakai tetelan daging, sandung lamur yang punya lapisan lemak atau sengkel yang ada lapisan lemak otot. Pilih daging sapi yang teksturnya kenyal empuk dan ada lapisan lemak supaya rasa kuah sotonya gurih sedap.


Resep Soto Daging Kuning yang Gurih Mantap Untuk BerbukaFoto: iStock

1. Daging, iga atau jeroan
Untuk bahannya siapkan 500 gram daging sandung lamur sapi atau daging iga sapi. Jika suka bisa ditambah jeroan sapi seperti paru, babat dan limpa. Sesuaikan jumlahnya dengan selera.

2. Bumbu
Sebagai bumbu, haluskan 5 soung bawang putih, 3 butir bawang merah, 3 butir kemiri, 1/2 sdt merica butiran, 1/8?butir pala, 1/4 adt jintan, 2 cm kunyit, 1/2 cm jahe dan 2 sdt garam. Untuk rempah lainnya siapkan 1 batang serai, memarkan, 2 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam dan 1/2 cm lengkuas.

Resep Soto Daging Kuning yang Gurih Mantap Untuk BerbukaFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

3. Rebus Daging
Didihkan air secukuonya lalu masukkan daging sapi yang sudah dipotong-poting ukuran kecil. Jika memakai jeroan sapi, rebus jeroan di panci terpisah agar aroma tajamnya tidak mengganggu. Selalu rebus daging dan jeroan dnegan api kecil agar kaldunya bening. Jika ada, gunaka pressure cooker agar lebih menghemat waktu.

4. Tumis Bumbu
Panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga beraroma harum dan berbutir halus. Tambahkan daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas, aduk hingga layu. Masukkan bumbu ke dalam rebusan daging dan masak terus hingga daging empuk.

Resep Soto Daging Kuning yang Gurih Mantap Untuk BerbukaFoto: detikFood

5. Sajikan dengan pelengkap
Setelah daging empuk dan kuah sedikit susut. Matikan api. Soto daging siap disajikan dengan tauge, daun bawang yang diiris kasar, jeruk nipis dan bawang merah goreng.

(odi/odi)