Tempat Buka Puasa Asyik

Mau Berbuka Puasa dengan Ikan Bakar Makassar? Ini 5 Tempatnya

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 14 Mei 2019 14:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Makassar punya olahan ikan bakar yang enak. Dibalut dengan bumbu yang khas, aneka ikan segar tangkapan laut ini cocok untuk menu buka puasa.

Selain coto dan iga bakarnya yang terkenal. Makassar juga punya olahan ikan bakar yang lezat, apalagi ditambah dengan bumbu rica, parape, hingga bumbu pedas yang menyengat lidah. Di Jakarta ada beberapa restoran dengan menu ikan bakar khas Makassar yang selalu dipenuhi pengunjung.

Baca Juga: Ini 3 Ikan Makassar Paling Populer, Makin Enak Dimakan Bersama Sambal Khasnya


1. Dinar Seafood

Mau Berbuka Puasa dengan Ikan Bakar Makassar? Ini 5 TempatnyaFoto: Istimewa

Di wilayah Pluit, ada restoran Dinar Seafood yang terkenal dengan olahan laut khas Makassar, terutama ikan bakarnya. Di sini pengunjung bisa memilih berbagai varian ikan segar untuk dibakar.

Salah satu jenis ikan bakar favorit ada ikan kudu-kudu, sukang, kerapu, baronang, kaci-kaci, hingga aji-aji. Selain itu terdapat menu seafood lainnya, seperti kepiting bumbu hitam, atau kepiting dengan bumbu parape. Nah, tempatnya juga luas cocok untuk buka puasa bersama.

Dinar Seafood
Jl. Pluit Indah Raya No. 168 A
Pluit, Jakarta Utara
Telepon (021) 66698363


2. Ujung Pandang

Mau Berbuka Puasa dengan Ikan Bakar Makassar? Ini 5 TempatnyaFoto: Istimewa

Tak lengkap rasanya mencari ikan bakar khas Makassar yang enak di sekitar Jakarta, tanpa menyebut RM Ujung Pandang. Restoran yang satu ini menyajikan berbagai ikan segar dari perairan Makassar, apalagi dengan racikan bumbu gurih yang meresap hingga ke bagian dalam ikan.

Untuk pilihan ikannya ada ikan ayam-ayam, kuwe, sukang, kerapu, hingga kudu-kudu. Nah, pilihan olesan bumbunya bisa dipilih, ada rica pedas, parape yang manis gurih, atau bumbu bakar biasa.

Pondok Ikan Bakar Ujung Pandang
Jl. Gandaria I No. 5 Pondok Indah
Jakarta Selatan
Telepon (021) 7267183


3. Kedai Mancing

Mau Berbuka Puasa dengan Ikan Bakar Makassar? Ini 5 TempatnyaFoto: Istimewa

Melipir sedikit ke wilayah Taman Mini, ada restoran Kedai Mancing yang punya menu andalan ikan bakar. Di restoran ini konsepnya, para pengunjung bisa memilih langsung jenis ikan yang akan dibakar. Seperti ikan tongkol, bandeng, tanda-tanda, kerapu, kuwe, hingga kakap.

Menu andalannya ada ikan kuwe bakar, yang beroles bumbu bawang khas Makasar. Ikan bakar ini disajikan dengan empat pilihan jenis sambal, seperti sambal hijau, merah, mangga muda, serta colo-colo. Kalau mau lebih kenyang bisa juga pesan udang, cumi, hingga rajungan.

Baca Juga: Kedai Mancing: Aduh, Sedapnya Ikan Kuwe Bakar Sambal Mangga Gaya Makassar! https://food.detik.com/makan-siang-bareng-detikfood/d-2738350/kedai-mancing-aduh-sedapnya-ikan-kuwe-bakar-sambal-mangga-gaya-makassar

Kedai Mancing Ikan Bakar Khas Makassar
Jl. Mabes Hankam 33, Ceger (dekat Pintu 1 Taman Mini Indonesia Indah)
Jakarta Timur
Telepon: 021-87781733.


4. Phinisi

Mau Berbuka Puasa dengan Ikan Bakar Makassar? Ini 5 TempatnyaFoto: Istimewa
Kalau berkunjung ke wilayah Senopati, ada restoran Phinisi yang sederhana namun memiliki banyak menu hidangan khas Makassar. Di sini salah satu menu andalannya ada ikan bakar, dengan jenis ikan baronang, kuwe, kerapu, gurame, hingga bandeng.

Untuk bumbunya ada bumbu rica, hingga bumbu oles gurih yang menggugah selera. Porsi ikannya juga besar dan segar, terutama ikan kuwe dan baronang yang paling populer dalam menu ikan bakar di sini. Sementara itu ada menu kepiting soka, udang peci, hingga kerang dara.

Phinisi
Jl. Gunawarman No. 75.
Senopati, Jakarta Selatan.
Telp: 021 7205486


5. Pangkep 33

Mau Berbuka Puasa dengan Ikan Bakar Makassar? Ini 5 TempatnyaFoto: Istimewa

Ikan bakar asli khas Makassar punya Pangkep 33, terkenal dengan rasa daging yang enak dan manis. Di sini ragam ikan seperti aji-aji, sukang, kudu-kudu yang berasal dari makassar. Tersedia olesan bumbu parape atau bumbu rica-rica yang enak.

Sementara itu terdapat juga cocolan sambal yang enak, rasanya pedas dan nikmat. Salah satunya ada cocolan sambal cobek, dabu-dabu, dan sambal kecap. Selain menu ikan bakarnya, Kepiting Laki Lada Hitam nya juga tak kalah enak.

Pangkep 33
JL. Pluit Permai No. 31.
Penjaringan, Jakarta Utara.
Telp: (021) 26081293 (sob/odi)