Buka Puasa Pakai Soto Banjar, Sandiaga Uno: Maknyusss!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 13 Mei 2019 17:15 WIB
Foto: Instagram sandiuno Foto: Instagram sandiuno
Jakarta - Acara ngabuburit Sandiaga Uno pada hari Minggu diisi kunjungan ke Banjarmasin. Di sana ia mencicip soto Banjar untuk buka puasa.

Akhir pekan kemarin (12/5), Sandiaga mengisi waktunya dengan berkunjung ke Banjarmasin. Di ibu kota Kalimantan Selatan ini, Sandiaga sempatkan bertemu para relawan yang sudah mendukungnya bersama Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden 2019.

"Tiba di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Provinsi yang kaya akan potensi alam dan wisatanya. Mari kita manfaatkan potensi ini untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," tulisnya di Instagram saat baru mendarat.

Buka Puasa Pakai Soto Banjar, Sandiaga Uno: Maknyusss!Foto: Instagram sandiuno

Baca Juga: Mampir Kota Pati, Sandiaga Uno Jajan Sego Gandul

Setelah menyapa masyarakat dan relawan, Sandiaga tak lewatkan kuliner khas Banjarmasin untuk buka puasa. Ia mencicip soto Banjar di sebuah rumah makan bersama para kerabatnya. "Kunjungan di Banjarmasin adalah soto Banjar. Soto Banjar ini adalah ketupat kandangan, makan dua piring kolesterol naik," katanya sambil meracik soto.

Soto Banjar adalah varian soto populer dari Kalimantan. Dikenal dengan rasa rempahnya yang kuat karena diracik dengan tambahan kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Ada juga penggunaan minyak samin dan kaldu ayam. Beberapa penjual tambahkan susu sehingga kuah soto Banjar putih dan keruh.

Buka Puasa Pakai Soto Banjar, Sandiaga Uno: Maknyusss!Foto: Instagram sandiuno

"Ini temannya," lanjut Sandiaga yang menambahkan sambal dan perasan jeruk pada mangkuk soto Banjarnya. "Kuliner khas kota Banjarmasin. Telurnya itu telur bebek, maknyuuusss. Cocok untuk buka puasa," katanya sambil menyeruput soto.

Beberapa penjual soto Banjar terkenal di Banjarmasin adalah Soto Bang Amat di kawasan Banua Anyar dan Soto Rina Kuin Pertamina di Kuin Cerucuk. Selain soto Banjar, di sini tersedia sate ayam sebagai teman menyantap soto Banjar.

Buka Puasa Pakai Soto Banjar, Sandiaga Uno: Maknyusss!Foto: Instagram sandiuno

Melihat keterangan video Sandiaga saat makan soto Banjar, ia berharap makanan khas daerah akan melahirkan banyak usaha kecil yang mampu membuka luas lapangan kerja. Pria yang hobi lari ini menulis, "Kita dukung terus usaha-usaha kuliner di negara ini. Jadikan masakan khas masing-masing daerah ini sebagai daya tarik dari para wisatawan lokal maupun asing."

Meski singkat, kegiatan Sandiaga di Banjarmasin agaknya lumayan padat. Di akhir kunjungannya ia juga mengunggah video di Instagram. Sandiaga mengucapkan terima kasih pada 'anak-anak online' yang mendukungnya di Banjarmasin. "Kalsel thank you atas sambutannya, sukses buat semua," tutup Sandiaga.

Baca Juga: Habis Lari 10 KM, Sandiaga Uno Sarapan Lontong Opor di Cilacap (adr/adr)