Habis Lari 10 KM, Sandiaga Uno Sarapan Lontong Opor di Cilacap

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 14 Des 2018 13:25 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Berada di Cilacap, Jawa Tengah, Sandiaga Uno sempatkan lari pagi. Setelahnya ia mampir ke lontong opor Pak Mul.

Calon wakil presiden (Cawapres) Republik Indonesia nomor urut 2, Sandiaga Uno sedang berada di Jawa Tengah. Kemarin ia ke Pasar Petanahan, Kebumen untuk menyapa ratusan warga sekitar.

Di Kebumen, Sandiaga bersama tim juga mampir ke Warung Sate Ayam Ambal Pak Tino. Uniknya, istri Nur Asia ini tidak ikut makan sate melainkan hanya bantu membakarnya.

"Saya hanya bisa ikut membakar sate-sate ini karena hari ini saya sedang berpuasa. Setelah berdialog dengan warga di daerah sini, ternyata saya baru tau bahwa warung sate ini cukup terkenal di Kabupaten Kebumen, dan pengunjung dari luar kota pun banyak yang menjadikannya sebagai destinasi wisata kuliner mereka," tulis Sandiaga di keterangan foto Instagram.

Habis Lari 10 KM, Sandiaga Uno Sarapan Lontong Opor di CilacapSandiaga Uno sarapan lontong opor di Cilacap (Foto: Instagram sandiuno)

Baca Juga: Nur Asia Ungkap Cara Bikin Air Lemon yang Selalu Dibawa Sandiaga Uno

Pagi ini Sandiaga melanjutkan perjalanan ke Cilacap. Ia kembali mengunggah video kegiatannya di Instagram. Pria berkaca mata ini sempatkan lari pagi hingga 10 kilo meter (KM) di Cilacap.

Usai lari, Sandiaga sarapan lontong opor khas Cilacap buatan Pak Mul. Lokasinya ada di Jl. Jend. Ahmad Yani No. 53, Potongan, Sidakaya. "Lontong Opor Cilacap Pak Mul, paling terkenal seluruh dunia. Ini mudah-mudahan bisa menjadi kuliner andalan. Menantang ini habis lari 10 km kita. Mari kita coba," katanya di video.

Lontong opornya terlihat menggiurkan dengan kuah santan yang kental dan royal. Ada juga pelengkap suwiran ayam, sambal goreng kentang, dan kerupuk. Untuk lauk pelengkapnya tersedia sate telur puyuh dan tahu berontak yang sayang dilewatkan.

Habis Lari 10 KM, Sandiaga Uno Sarapan Lontong Opor di CilacapLontong opor buatan Pak Mul (Foto: Instagram ardiannurcahyo)

Lontong opor buatan Pak Mul rupanya terkenal enak karena memakai ayam kampung. Begitu juga dengan kuah opornya yang kental, manis dan gurih. Seporsi lontong opor di sini dibanderol Rp 12.000.

Mengenai rasanya, Sandiaga berujar, "Rasanya uenak tenan!." Usai mencicip lontong opor Pak Mul, ia juga menuliskan pendapatnya soal kuliner daerah. "UMKM berbasis kuliner merupakan salah satu yang menjanjikan dalam menggerakkan roda ekonomi di setiap daerah. Usaha-usaha seperti ini yang harus terus dikembangkan dan diberi kemudahan dalam usaha sehingga diharap akan terlahir banyak usaha-usaha baru dan membuka luas lapangan kerja," ujarnya.

Warung lontong opor Pak Mul buka sejak pukul 6 pagi. Banyak pembeli terlihat antre terutama di jam-jam padat yaitu jam 8. Meski begitu penyajian lontong opor tergolong cepat sehingga pengunjung tak perlu menunggu lama. Selain lontong opor, Pak Mul juga punya paduan lontong opor dan bubur ayam yang tersohor.

Baca Juga: Aduh Enaknya! Lontong dengan Opor Ayam dan Tempe Khas Desa Tuyuhan

(adr/odi)