Takjil Manis dan Gurih

Buka Puasa Kekinian dengan Kentang Panjang hingga Martabak Mini

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 12 Mei 2019 16:17 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Takjil Manis dan Gurih
Jakarta - Bosan dengan gorengan atau kolak, coba saja takjil kekinian yang tak kalah enak. Ada es mangga Thailand yang segar hingga martabak mini aneka topping.

Banyak makanan kekinian yang juga populer selama bulan ramadhan. Kalau sedang cari ide untuk menu takjil untuk berbuka puasa nanti, pilih saja 5 takjil kekinian yang enak ini. Mulai dari smoothies mangga, martabak manis, kentang goreng panjang, hingga es kopi susu hits.

Baca Juga: 5 Takjil Dari Kurma yang Praktis Untuk Menu Berbuka Sore Ini

1. Smoothie Mangga
Buka Puasa Kekinian dengan Kentang Panjang hingga Martabak MiniFoto: Istimewa

Minuman kekinian ini berasal dari Thailand, dan banyak dijual di berbagai gerai minuman. Rasanya enak dan segar, smoothies mangga merupakan campuran mangga yang dihaluskan menjadi smoothies, lalu diberi whipped cream legit, ditambah sorbet mangga yang dingin, dan potongan mangga manis segar.

Ketika diminum, teksturnya sedikit kental dan lembut namun kesegerannya tidak perlu diragukan lagi. Cocok diminum ketika waktu berbuka puasa untuk melepas dahaga.

2. Martabak Mini Aneka Topping
Buka Puasa Kekinian dengan Kentang Panjang hingga Martabak MiniFoto: Istimewa

Martabak manis dengan berbagai topping seperti cokelat, kacang, dan keju memang menggoda selera. Kini banyak penjual yang menyajikan martabak dalam bentuk mini, agar orang-orang bisa memilih topping yang mereka sukai tanpa harus kenyang.

Untuk berbuka puasa martabak mini ini bisa jadi pengganti kue manis. Untuk pilihan toppingnya juga beragam, ada rasa green tea, nutella, oreo, hingga marshmallow.


3. Kentang Goreng Panjang

Buka Puasa Kekinian dengan Kentang Panjang hingga Martabak MiniFoto: Istimewa

French fries memang sudah biasa, tapi kini muncul tren kentang goreng panjang yang bisa mencapai 25 cm. Nah, kentang goreng ini bisa jadi kudapan gurih saat berbuka puasa. Tak hanya rasanya yang renyah, tapi kentang goreng ini datang dengan berbagai bumbu dan topping lho.

Bisa tambah bumbu BBQ, keju, balado, rumput laut, dan bumbu lainnya. Kebanyakan kentang goreng panjang ini juga dilengkapi dengan pilihan cocolan saus seperti mayo, keju, hingga BBQ yang tak kalah enak.

4. Es Kopi Susu
Buka Puasa Kekinian dengan Kentang Panjang hingga Martabak MiniFoto: Istimewa

Banyaknya gerai kopi yang menjual es kopi susu, membuat minuman ini digemari dan masuk ke dalam salah satu minuman kekinian. Rasanya manis dan dingin, tidak pahit karena menggunakan campuran susu.

Sehingga es kopi susu ini cocok untuk berbuka puasa, apalagi rasa kopinya lebih ringan dan segar. Untuk kisaran harga, banyak kedai kopi kekinian yang menjual es kopi susu ini dengan harga terjangkau.


5. Telur Gulung

Buka Puasa Kekinian dengan Kentang Panjang hingga Martabak MiniFoto: Istimewa

Dulu telur gulung eksis jadi jajanan di sekolah, tapi kini telur gulung sudah disajikan di restoran hingga beberapa tempat nongkrong. Meski sederhana, tapi jajanan ini tak pernah kehilangan penggemarnya lho.

Bisanya jelang buka puasa, banyak penjual kaki lima yang menambahkan telur gulung ini ke menu jualan mereka. Biasanya telur gulung ini dipadukan dengan sosis, bihun, hingga mie goreng instan.

Baca Juga: Menu Takjil Legit Manis, Bubur Sumsum Nangka hingga Bubur Bola Ubi (sob/odi)
FOKUS BERITA Takjil Manis dan Gurih