Jepang Pecahkan Rekor Dunia dengan Mie Instan Raksasa Untuk Ratusan Orang

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 11 Mei 2019 09:32 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ramen atau mie instan jadi makanan ikonik Jepang. Tak heran jika baru-baru ini, Jepang berhasil memecahkan rekor dunia dengan membuat mie instan berukuran raksasa.

Di wilayah Isesaski, Prefektur Gunma, di utara Tokyo, rekor dunia kembali terpecahkan. Satu kotak besar dari mie instan, yang memiliki ukuran 1.500 kali lebih besar dari ukuran kotak biasa, tercatat di Guinness World Record.

Baca Juga: 5 Rekor Makanan Spektakuler Ini Diakui Guinness World Records
Jepang Pecahkan Rekor Dunia dengan Mie Instan Raksasa Untuk Ratusan OrangFoto: Istimewa
Dikabarkan Kyodonews (05/05), Guinness World Record mencatat ada 579 orang yang berpartisipasi untuk mencicipi dan menghabiskan mie instan seberat 160 kg ini. Mie instan jenis yakisoba atau mie goreng ini, membutuhkan waktu yang singkat untuk dimasak meski jumlahnya sangat banyak.

Sekiranya dibutuhkan sekitar 480 liter air panas, yang dituangkan ke wadah berukuran 1,3 meter yang terbuat dari logam. Wadah ini berbentuk mirip seperti kemasan mie instan dari Peyong brand.
Jepang Pecahkan Rekor Dunia dengan Mie Instan Raksasa Untuk Ratusan OrangFoto: Istimewa
Ketika mie semuanya sudah dimasak, setelah dihitung terdapat 780.000 kilokalori di mie tersebut. Warga setempat menyambut antusias kehadiran acara mencicip mie instan gratis ini.

"Saya sengaja datang ke sini untuk Guinness World Record," tutur Takato Kurosawa, salah satu pengunjung yang datang ke sana bersama teman-temannya. Selain itu Takato juga memuji rasa mie instan yang enak.

"Rasa lezat dari saus yakisoba nya memenuhi mulut saya," lanjut Takato.

Acara unik ini diselenggarakan oleh produsen mie ternama di Jepang, yaitu Maruka Foods. Sampel mie instan yang sama dengan rasa berbeda juga disajikan dalam acara itu untuk pengunjung.
Jepang Pecahkan Rekor Dunia dengan Mie Instan Raksasa Untuk Ratusan OrangFoto: Istimewa
Karena acara ini bertepatan dengan acara Hari Anak di Jepang, acara ini berhasil menarik lebih dari 5.000 pengunjung.

Sebelumnya Guinness World Record mencatat mie buatan restoran Xiangnian Food di China, sebagai pemegang rekor mie terpanjang dunia. Setelah menciptakan mie homemade sepanjang 3.078 meter.

Baca Juga: Wow! Ini Dia Mie Terpanjang di Dunia, Ukurannya Sampai 3 Kilometer

(sob/odi)