Wow! Ini Dia Mie Terpanjang di Dunia, Ukurannya Sampai 3 Kilometer

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 28 Des 2017 14:23 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Mie, makanan khas China yang sangat populer di dunia. Untuk pecahkan rekor, mie yang terbuat dari tepung terigu ini dibuat sangat panjang hingga ribuan meter.

Bagi pecinta mie instan, tentu Anda akan sangat penasaran dengan Guinness World Record ini. Dikategorikan sebagai mie terpanjang di dunia, mie ini dibuat sangat panjang lebih dari 10.100 kaki atau sekitar 3.078 meter. Dan seluruhnya dibuat secara homemade alias dengan tangan dalam waktu 17 jam oleh restoran China bernama Xiangnian Food.

Baca juga: 10 Makanan Berukuran Super Besar yang Mendapat Rekor Dunia (1)

Wow! Ini Dia Mie Terpanjang di Dunia, Ukuran Sampai 3.000 MeterFoto: iStock

Dikutip dalam India Times (17/12) mie terpanjang ini terbuat dari 40 Kg tepung terigu, 26,8 liter air dan 0,6 Kg garam. Mie ini mengandung berat di atas 66 Kg.

Untuk proses pembuatannya, Guinness World Records mengunggah video ini di YouTube. Dalam video ini, para koki menggabungkan ramuan untuk membuat mie raksasa. Ada penentu yang secara resmi ditunjuk untuk menjadi saksi dalam mengukur adonan selama tiga jam yakni John Garland. Setelah dibentuk, mie kemudian dimasukkan ke dalam wadah besar dan diukur.

Kemudian mie yang sudah dibuat itu dimasak dengan saus bawang putih, telur dan tomat. Kemudian dibagian pada sekitar 400 karyawan dan keluarga mereka.

Wow! Ini Dia Mie Terpanjang di Dunia, Ukuran Sampai 3.000 MeterFoto: iStock

Sebelumnya, pada tahun 2001, koki Jepang juga pernah membuat mie dengan ukuran 1.800 kaki atau sekitar 548 meter.

"Mie yang panjang adalah simbol kehidupan yang panjang dalam tradisi China. Selain itu, dengan menyajikan mie yang panjang ini diharapkan dapat memberi harapan kepada orang tua sehingga dipercaya dapat memberikan kehidupan yang panjang dan sehat," jelas Kepala Pemasaran Perusahaan kepada Guinness.


(lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
Newsfeed