Indahnya Berbagi! Nonmuslim Ini Beri Makanannya untuk Muslim Buka Puasa

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 10 Mei 2019 14:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ramadhan sepertinya jadi bulan penuh kebaikan, tak hanya untuk Muslim saja. Para nonmuslim dengan senang hati berbagi makanan buka puasa untuk para Muslim yang tengah beribadah.

Kisah menyentuh baru saja dibagikan seorang muslim Malaysia yang terjebak dalam ferry rusak kala magrib tiba. Muslim pemilik akun Nasx itu bercerita ia mendapat makanan gratis dari penumpang ferry nonmuslim yang berada dalam kapal sama.

Kejadian pada 7 Mei ini diceritakan Nasx melalui akun Facebooknya. Kala itu ia berada di sebuah ferry dari Pulau Langkawi menuju Kuala Kedah. Sayangnya ferry yang ia tumpangi rusak sehingga harus kembali lagi ke Pulau Langkawi meski sudah sempat berlayar.

Indahnya Berbagi! Nonmuslim Ini Beri Makanannya untuk Muslim Buka PuasaFoto: Istimewa

Baca Juga: Inspiratif, Komunitas di Purwakarta Sediakan Tempat Untuk Berbagi Nasi Gratis

"Para penumpang diminta pindah ke ferry lain dan kami tidak punya makanan selain air untuk buka puasa," kata Nasx mengawali cerita. Ia melanjutkan, tiba-tiba seorang wanita berdarah China membuka semua perbekalan cokelatnya.

Wanita itu lalu membagikan cokelat pada seluruh muslim Malaysia yang ada di ferry. Ia mengatakan para muslim harus makan karena telah berpuasa. Tak hanya wanita China, inisiatif mulia juga dilakukan seorang pria keturunan China.

Indahnya Berbagi! Nonmuslim Ini Beri Makanannya untuk Muslim Buka PuasaFoto: Istimewa

"Lalu seorang pria China di belakang saya memberi makanan dari KFC. Ia bilang saya harus makan karena sudah berpuasa. Kalau saya tidak mau makanannya, saya bisa memberikan pada orang lain katanya. Saya merasa ingin menangis," tutur Nasx.

Nasx kemudian memuji aksi para dermawan tersebut. Ia juga menekankan kalau narsisme adalah tindakan individu dan tidak ada hubungannya dengan ras secara keseluruhan.

Mengenai unggahan Nasx, banyak orang merasa tersentuh hingga membagikan ceritanya. Banyak pula netizen yang memberi komentar positif.

Indahnya Berbagi! Nonmuslim Ini Beri Makanannya untuk Muslim Buka PuasaFoto: Istimewa

Salah satunya berbunyi, "Kami dari berbagai ras tetapi pada akhirnya, kami semua orang Malaysia. Rasa saling menghormati adalah kunci bagi kita untuk hidup secara harmonis di negara multi-ras ini."

Ada juga netizen yang menyarankan agar sesama manusia tidak saling menghakimi. "Dalam setiap balapan, akan ada domba hitam yang menjadi alasan mengapa kita tidak boleh menilai suatu ras berdasarkan tindakan individu. Faktanya, kita seharusnya tidak menghakimi orang lain sama sekali," pungkas netizen itu.

Baca Juga: Warga Dubai Taruh Lemari Es untuk Berbagi Makanan Gratis di Bulan Ramadan
(adr/odi)