Turis Asing Sebut Suara Seruput Ramen Mirip Suara Babi hingga Air Siraman Toilet

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 09 Mei 2019 18:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sebuah program berita di Jepang tengah membahas soal kebiasaan menyantap ramen. Di mata para turis, suara seruput ramen dinilai mirip suara babi hingga air siraman toilet.

Penilaian soal gaya meyantap ramen warga Jepang itu dimuat dalam program berita di Matome Naver. Salah satu pembawa acaranya membahas soal 'noodle harassment atau dalam bahasa Jepang 'nuudoru harasumento' yang berarti 'pelecehan terhadap ramen'.

Turis Asing Sebut Suara Seruput Ramen Mirip Suara Babi hingga Air Siraman ToiletFoto: Istimewa

Kru program itu mewawancarai beberapa turis asing. Mereka bertanya pendapat mereka soal kebiasaan makan ramen terlebih kebiasaan menyeruput mie mulur kenyal itu. Jawabannya amat di luar bayangan Anda.

Bukannya terdengar menggiurkan dan bangkitkan selera, bagi orang asing seperti warga Amerika hingga Eropa, kebiasaan itu dinilai menjijikan. Salah satu turis asal Amerika Serikat dan Swedia menyebut bahwa suara seruputan saat makan ramen terdengar seperti suara babi lapor NextShark (7/5).

Baca juga:Makan Mie Lebih Seru dengan Garpu Pemindah Suara Seruput Ini

Turis Asing Sebut Suara Seruput Ramen Mirip Suara Babi hingga Air Siraman ToiletFoto: Istimewa

Turis asal New Zealand bahkan mengaku tidak ingin duduk di sebelah orang yang makan ramen dengan cara menyeruputnya. Begitu pun dengan tanggapan turis muda asal Inggris.

Lelaki muda itu mengatakan jika teman-temannya menyeruput ramen di sampingnya, secara gamblang ia akan meminta teman-temannya untuk tidak berisik.

Sementara itu, dalam program TV Jepang lainnya beberapa orang mengaku tidak suka dengan suara yang timbul akibat menyeruput ramen.

Turis Asing Sebut Suara Seruput Ramen Mirip Suara Babi hingga Air Siraman ToiletFoto: Istimewa

Ada yang mengatakan bahwa suara seruputan itu sama seperti suara flush atau air siraman toilet. Adapula yang mengatakan hal yang sama seperti turis asal Amerika dan Swedia sebelumnya yakni mirip suara babi.

Hal ini sebenarnya pernah terjadi di tahun 2017. Namun topik 'pelecehan terhadap ramen' ini kembali muncul lantaran media Jepang membahasnya baru-baru ini.

Turis Asing Sebut Suara Seruput Ramen Mirip Suara Babi hingga Air Siraman ToiletFoto: Istimewa

Di sana, seorang turis asal Prancis mengatakan bahwa dirinya merasa terganggu dan jengkel setiap kali seseorang menyeruput ramen di sebelahnya. Hal ini tentu amat berbeda dengan warga Asia.

Iklan di televisi di Asia justru sengaja menambahkan efek suara 'sluurp' saat melahap ramen atau mie instan. Suara itu justru sukses bangkitkan selera. Apalagi jika menyeruput kuah mie usai menyeruput mie yang kenyal mulur. Sluurp!

Baca juga: Penggemar Ramen Perlu Tahu 10 Fakta Menarik Ini (1) (dwa/odi)