Makan Mie Lebih Seru dengan Garpu Pemindah Suara Seruput Ini

ADVERTISEMENT

Makan Mie Lebih Seru dengan Garpu Pemindah Suara Seruput Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 24 Okt 2017 11:31 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Slurrp! Suara menyeruput sering terdengar saat melahap mie. Garpu Otohiko menyerap suara ini lalu memindahkannya ke HP. Seru!

Perusahaan mie ternama Jepang, Nissin, membuat inovasi garpu berteknologi tinggi bernama Otohiko. Garpu ini mengusung konsep "noise-canceling" dimana suara saat menyeruput mie bisa dibatalkan dan justru dipindahkan ke handphone (HP).

Baca Juga: Garpu Ini Bergetar Jika Anda Makan Terlalu Cepat

Makan Mie Lebih Seru dengan Garpu Pemindah Suara Seruput IniFoto: Istimewa

Dikutip dari Food & Wine (23/10), ide pembuatan Otohiko berawal dari suara menyeruput mie yang dianggap berbeda-beda oleh banyak orang. Ada yang menganggapnya wajar namun ada pula yang sangat terganggu dengan suara ini.

Dengan Otohiko, senima suara Shinya Kiyokawa berusaha meredam suara ini dan membuat suara seruput mie jadi terdengar menyenangkan. Sebagai langkah awal, Kiyokawa merekam berbagai suara seruput mie dari banyak orang.

Ia lalu melakukan 'data mining' untuk mengesktrak karakter suara tersebut. Selanjutnya Kiyokawa menghilangkan suara mengganggu saat menyeruput mie.

Baca Juga: Menyantap Spaghetti Jadi Gampang Dengan 4 Garpu Unik Ini

Makan Mie Lebih Seru dengan Garpu Pemindah Suara Seruput IniFoto: Istimewa

Mengenai cara kerjanya, mekanisme Otohiko sebenarnya sangat sederhana. Begitu suara menyeruput terekam mikrofon pada garpu, sinyal suara ini dipindahkan ke aplikasi menggunakan Near Field Communication (NFC).

Nantinya aplikasi pada HP tersebut bisa memperdengarkan suara Anda saat menyeruput mie. Nah, jika Anda tertarik memiliki Otohiko, garpu pintar ini dibanderol 14.800 yen atau sekitar Rp 1,7 juta. Namun jumlahnya di pasaran hanya ada 5.000 unit saja.

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT