'Cheeseslaw,' Versi Gurih 'Coleslaw' yang Dibuat dari Keju Cheddar

Shara Azzhara - detikFood Kamis, 09 Mei 2019 17:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Salad coleslaw sangat populer karena kerap dijadikan pelengkap hidangan roti atau burger. Salad ini punya versi lain di Australia bernama 'cheeseslaw'.

Coleslaw adalah jenis salad dengan tekstur renyah dan sudah dikenal sejak abad ke-20. Kol dikenal sebagai bahan utama dari coleslaw dan menyumbang cita rasa yang besar. Namun bagaimana jika bahan utama tersebut digantikan keju?

Beberapa tahun ke belakang memang banyak bermunculan inovasi-inovasi bahan makanan pengganti dalam hidangan. Namun Cheeseslaw ternyata berbeda karena sudah ada sejak 1939. Salad ini mengganti kol dengan keju cheddar sebagai bahan utama dalam coleslaw. Bahan lainnya ada wortel dengan dressing minyak zaitun dan cuka. Di beberapa negara lainnya diberi dressing mayonaise.

'Cheeseslaw,' Versi Gurih 'Coleslaw' yang Dibuat dari Keju CheddarFoto: iStock

Baca juga: Coleslaw, Kres..Kres Renyah Segar!

Inovasi ini berawal dari daerah bagian Australia yaitu Broken Hill. Di sana, coleslaw dengan bahan keju cheddar ini kerap dijumpai bukan karena kreasi semata. Namun ini dilakukan karena daerah tersebut tidak memiliki cukup curah hujan untuk budidaya tanaman kol. Broken Hill berlokasi di daerah beriklim gurun di Australia, maka tak heran kondisi perkebunannya kurang bersahabat.

Cheeselaw dijadikan beragam isian hidangan di daerah tersebut. Mulai dari isian sandwich, burger, dan roti.

'Cheeseslaw,' Versi Gurih 'Coleslaw' yang Dibuat dari Keju CheddarFoto: iStock

Baca juga: Fried Chicken Makin Nikmat Disantap dengan Salad hingga Waffle

Mengenai asal-usulnya, cheeseslaw sebenarnya agak diperdebatkan. Yang pertama menyebut resep cheeseslaw sudah ada sejak 1939, tercetak di Townsville Daily Bulletin yang merupakan surat kabar dari Townsville di Queensland. Hal ini tertulis dalam Wikipedia mengenai cheese slaw.

Versi kedua menyebut resep cheeseslaw ada di majalah bulanan wanita ternama di Australia, Australian Women's Weekly pada tahun 1946 dan 1966. Cheeseslaw ini sejak dulu banyak dibuat di restoran dan rumah tangga di Broken Hill. Salah satu hidangan yang populer adalah ayam panggang dengan cheeseslaw yang kejunya meleleh.

(adr/adr)