Dapat Order Dekat Waktu Imsak, Kisah Ojol Beli Makanan Sahur Ini Jadi Viral

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 09 Mei 2019 17:15 WIB
Foto: Facebook Foto: Facebook
Jakarta - Curhatan pengemudi ojek online ini tuai empati netizen. Ceritanya yang diunggah di Facebook bahkan sudah dibagikan sebanyak 9,4 ribu kali!

Unggahan Ervina, seorang driver ojek online (ojol) asal Bogor tengah viral di media sosial. Ia menceritakan kejadian yang dialaminya bersama rekan sesama ojol kemarin pagi (8/5/2019).

Dapat Order Dekat Waktu Imsak, Kisah Ojol Beli Makanan Sahur Ini Jadi Viral Foto: Facebook

Saat itu Ervina dan beberapa rekannya mendapat pesanan makanan dari pelanggannya. Hanya saja, karena terlalu lama mengantre, sang pelanggan justru mendesak para driver ojol hingga memberikan bintang 1 serta komentar bernada pedas.

Padahal hal itu berakibat pada performa driver. Ervina bahkan menulis bahwa hal itu bisa berakibat fatal. "Entah saspen atau sampai hilang bonus. Padahal itu bukan kesalahan driver," tulisnya.

Baca juga: Kasihan! Ini Kisah-kisah Driver Ojol yang Tertipu Order Makanan Fiktif

Menurut keterangan Ervina, ia mendapat pesanan makanan pada jam 3:22 pagi. Karena gerai fast food yang dituju punya banyak pelanggan dan sedang dalam masa promo, ia pun mengantre bersama driver ojol lain hingga jam 4:15 pagi.

Dapat Order Dekat Waktu Imsak, Kisah Ojol Beli Makanan Sahur Ini Jadi Viral Foto: Facebook

Pelanggan yang memesan pun mulai mendesak agar ia cepat membeli dan mengantarkan santapan sahur yang dipesan. Terlebih jam semakin dekat dengan waktu imsak.

"Semua driver resah... takut cust (pelanggan) kecewa karena makanan datang ga keburu di makan karena keburu imsak dan kasih bintang 1 plus komen yg berakibat fatal sama akun," tulisnya.

Ervina mengaku bahwa antrean yang panjang jadi permasalahan utama. Karenanya ia mengimbau agar para pelanggan ojol memesan santapan sahur lebih dini yakni jam 2 pagi.

Sebab sudah banyak driver ojol yang siap menerima pesanan sejak tengah malam. Lebih dini memesan juga jadi solusi agar pelanggan tak takut makanan sampai dekat waktu imsak.

Dapat Order Dekat Waktu Imsak, Kisah Ojol Beli Makanan Sahur Ini Jadi Viral Foto: Istock

"Kasihanilah kami para driver...biar ga kaya di kejar2 ghost pas antre makanan karena takut keburu imsak," jelasnya.

Cerita Ervina tak hanya viral di Facebook, ceritanya juga dibagikan oleh akun Twitter @sueycidee lewat sebuah thread yang kini sudah di-retweet sebanyak 17 ribu pengguna.

Thread tersebut dibuat oleh seorang pria yang juga berprofesi sama dengan Ervina. Pria itu menjelaskan bahwa sanksi akibat bintang 1 dan komentar negatif pelanggan memang tak main-main.

"Dan dampak dari bintang 1 itu emang bukan mitos. Di tongkrongan ada 2 orang kena bintang 1 + komen aneh aneh dari customer. Yang 1 suspend 3 hari. Yang 1 lagi akun ojolnya gagu alias susah dapet order," tulisnya.

Dapat Order Dekat Waktu Imsak, Kisah Ojol Beli Makanan Sahur Ini Jadi Viral Foto: Istimewa

Membaca cerita ini, para netizen pun menunjukkan rasa empatinya. "Kabeh onok balesane mas mugi mugi samean di bales lebih mbe gusti Allah. Seng sabar mas nggih," tulis akun @MKasffulilmi

"Kalo gue sih pesen sahur selalu malem sebelumnya, karena gue udah tau jam jam sahur itu rush hournya ojol. Atau kalo emang mepet ya paling engga berangkat aja sendiri napa daripada ujung2nya ngasi bintang satu sama komen gaenak. Kasian tau malih," tulis akun @heiracv

"Grab punya program buat scrining sentimen negativ, sekali kita kasih bintang 1 or komen negativ, pasti disuspend drivernya. Yuk belajar buat gak matiin rejeki orang lain," tulis @anggaanjaini

"Terima kasih, mas. Kalian adalah pahlawan bagi kami yg nggak sempet waktu untuk masak. Semoga rejekinya lancar," komentar @hisa_amiya

Baca juga: Lagi! Driver Ojol Tertipu Order Makanan Harga Rp 1 Juta
(dwa/odi)