Takjil Manis dan Gurih

Berburu Siomay Hingga Tahu Krispy Camilan Buka Puasa yang Gurih

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 09 Mei 2019 15:00 WIB
Foto: dokdetikFood Foto: dokdetikFood
FOKUS BERITA Takjil Manis dan Gurih
Jakarta - Bosan dengan takjil manis, kini Anda bisa memilih camilan buka puasa yang gurih dan enak. Ada siomay, batagor hingga tahu renyah yang enak dimakan dengan rawit.

Buka puasa biasanya banyak orang yang tergoda untuk membeli es campur, es buah dan gorengan. Selain itu, ternyata ada camilan gurih buka puasa yang banyak diburu orang. Seperti siomay, batagor, cilok hingga tahu krispy.

1. Siomay

Berburu Siomay Hingga Tahu Krispy Camilan Buka Puasa yang GurihFoto: iStock

Meski pun tergolong jajanan murah. Siomay selalu jadi buruan banyak orang. Tak ada salahnya kalau berbuka dengan menu sederhana asal Bandung ini. Siomay yang komplet terdiri dari siomay, kentang, pare, tahu isi adonan siomay, kol hingga telur rebus.

Makin enak disajikan dengan pelengkap bumbu kacang enak. Salah satu tempat yang punya siomay enak adalah Ketoprak Ciragil dan Baso, Siomay Jhony. Lokasinya ada di Jalan Ciragil II No. 24, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Baca juga: Tanggal Tua, Bisa Berbuka dengan Siomay Komplet yang Murah Meriah di 5 Tempat Ini

2. Batagor

Berburu Siomay Hingga Tahu Krispy Camilan Buka Puasa yang GurihFoto: detikFood

Dijajakan dengan gerobak, batagor bisa jadi pilihan camilan untuk berbuka puasa. Batagor dibuat dengan campuran tepung tapioka, telur, tepung terigu, ikan tenggiri, garam, bawang putih, daun bawang hingga lada.

Adonannya berwana putih kemudian diisi dengan kulit pangsit dan digoreng dengan minyak panas. Makin enak disiram dengan bumbu kacang yang gurih pedas. Salah satu yang bisa dicoba adalah Warung Siomay. Lokasinya ada di Jalan Boulevard Raya Blok WA 2 No. 33, Kelapa Gading. Di sini tidak hanya ada siomay, tapi juga batagor telur puyuh, sosis hingga batagor kulit tahu.

3. Cilok

Berburu Siomay Hingga Tahu Krispy Camilan Buka Puasa yang GurihFoto: dokdetikFood

Cilok merupakan camilan enak yang dibuat dari campuran tepung dan ditengahnya dapat diisi dengan daging ataupun telur. Bahkan beberapa penjual cilok juaga menambahkan cabai rawit ke dalamnya supaya rasanya lebih pedas dan mantap.

Makin enak ketika dipadu bersama dengan bumbu kacang. Ketika bingung mau beli cilok dimana, Anda bisa memesannya secara online di Siomay Mami yang punya silok enak. Kalau mau pesan bisa langsung cek di siomaymami.com.

Baca juga: Kalau Lagi Mager Bisa Pesan Online 5 Jajanan Cilok Enak Ini

4. Tahu krispy

Berburu Siomay Hingga Tahu Krispy Camilan Buka Puasa yang GurihFoto: dok. detikFood

Masih masuk dalam kategori gorengan. Namun tahu goreng ini memiliki rasa yang sangat renyah. Selain menggunakan tahu Sumedang, tahu krispy justru terbuat dari tahu asal Indramayu yang biasa disebut dengan tahu pong.

Supaya rasanya renyah dan enak, tahu yang sudah dipotong dadu kemudian direndam dengan adonan tepung beras, tepung terigu, telur dan penyedap rasa. Enak dinikmati hangat-hangat.

Kalau penasaran, langsung saja mampir ke tahu pong asli Indramayu yang berjualan di belakang lapangan SMPN 236 Penggilingan, Jakarta Timur.

5. Dim sum

Berburu Siomay Hingga Tahu Krispy Camilan Buka Puasa yang GurihFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Dimsum merupakan sajian mirip siomay yang populer di Hong Kong. Dimsum juga jadi salah satu camilan terkenal di Indonesia. Dibuat dengan campuran daging ayam dan udang, dim sum enak dicocol dengan saus khasnya yang terbuat dari saus cabai ditambah dengan sedikit air.

Kini ragam dimsum juga ada yang unik. Salah satunya dim sum keju mozarella hingga dimsum dengan topping saus mentai. Salah satu tempat mencicip dimsum enak adalah Dimsum Si Menur yang berada di Pasar Santa, Jakarta Selatan.

Baca juga: Dimsum Si Menur: Lezatnya Dim Sum Mentai yang Lembut Kenyal Bersaus Gurih Creamy (lus/odi)
FOKUS BERITA Takjil Manis dan Gurih