Pemilik Toko Ini Berikan Telur Gratis Sebagai Pengganti Kotoran Anjing

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 08 Mei 2019 16:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pemilik toko di Beijing ini, punya cara unik untuk meningkatkan kebersihan lingkungan. Salah satunya memberikan telur gratis dengan bayaran kotoran anjing.

Salah satu toko yang menjual kebutuhan sehari-hari, yang berlokasi di distrik Changping, Beijing, China menarik perhatian banyak orang. Pasalnya sang pemilik toko bernama Kang, memiliki cara yang kreatif agar orang-orang di sekitarnya lebih perduli terhadap kebersihan lingkungan.

Baca Juga: Mulia! Resto Halal di AS Ini Bagikan Makanan Gratis untuk Tunawisma
Pemilik Toko Ini Berikan Telur Gratis Sebagai Pengganti Kotoran AnjingFoto: Istimewa
Dikabarkan Global Times (06/05), Kang memberikan telur ayam gratis seberat 500 gram, untuk setiap orang yang menukarkannya dengan kotoran anjing dalam jumlah yang sama. Hal ini ia lakukan untuk membidik para pemilik anjing peliharaan, yang jarang membersihkan kotoran anjing mereka di tempat umum.

Kabar ini tersebar luas di internet, lewat video yang diunggah oleh Beijing News. Di mana banyak anjing peliharaan yang buang kotoran dengan sembarangan, di wilayah pemukiman di sana. Sehingga dengan adanya hadiah telur gratis ini, Kang berharap dapat meningkatkan kesadaran orang-orang sekitar untuk menjaga lingkungan.

Kang mengatakan meski hasilnya tidak sesuai yang ia harapkan, tapi banyak warga di sana yang semangat mengikuti program ini. Beberapa warga bahkan rela membersihkan kotoran anjing milik orang lain, demi mendapatkan hadiah telur gratis dari Kang.
Pemilik Toko Ini Berikan Telur Gratis Sebagai Pengganti Kotoran AnjingFoto: Istimewa

Kang juga menuturkan bahwa ada warga yang melihat wanita lanjut usia, membawa tiga tas berisi kotoran anjing untuk ditukarkan di tokonya. Sayangnya, karena terlalu banyak orang yang menukarkan kotoran anjing ke sana, nenek itu kehabisan jatah telur gratis.

Menurut Kang, hingga saat ini dia sudah menerima lebih dari 50kg berisi kotoran anjing dalam satu hari. Ia berharap, para pemilik hewan peliharaan mulai memperhatikan masalah ini. Dengan membersihkan kotoran anjing mereka, dan berhenti menggunakan ruang umum sebagai toilet hewan.

Banyak netizen yang memberikan tanggapan positif untuk Kang di internet.
Pemilik Toko Ini Berikan Telur Gratis Sebagai Pengganti Kotoran AnjingFoto: Istimewa

"Saya berharap tetangga saya melihat cerita ini. Mereka membiarkan anjing mereka buang kotoran di lorong. Saya tidak tahan dengan mereka," tulis salah satu netizen.

Sebelumnya aksi menukarkan makanan seperti ini juga pernah terjadi. Salah satu kafe bernama Xchange Over Coffee, membiarkan pengunjung menukarkan buku yang sudah tak terpakai dengan makanan gratis.

Baca Juga: Tak Punya Uang? Cukup Tukarkan Buku untuk Dapatkan Makanan Gratis di Kafe Ini (sob/odi)