Mulia! Resto Halal di AS Ini Bagikan Makanan Gratis untuk Tunawisma

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 11 Feb 2019 15:10 WIB
Foto: ABC7News Foto: ABC7News
Jakarta - Ada yang menarik dari resto Sakina Halal Grill di Washington, D.C., Amerika Serikat. Mereka tak segan bagikan makanan enak gratis bagi para tunawisma.

Jika biasanya restoran mewah tak memperbolehkan tunawisma atau gelandangan masuk ke dalam, Sakina Halal Grill justru sebaliknya. Resto dekat White House ini bahkan memberi makanan gratis untuk mereka.

Dikutip dari ABC7News (9/2), Sakina Halal Grill menyajikan makanan autentik Pakistan dan India. "Jika seseorang mengatakan saya butuh makan gratis, baiklah," kata Kazi Mannan selaku pemilik resto. Ia mengaku tak akan mempertanyakannya dan tidak pernah menghakimi orang seperti itu.

Mulia! Resto Halal di AS Ini Bagikan Makanan Gratis untuk TunawismaFoto: ABC7News

Prinsip ini sudah ia terapkan selama 5 tahun terakhir. Jadi para tunawisma atau orang miskin bisa makan enak gratis di sini. Tahun 2018, Sakina Halal Grill bahkan sudah memberikan lebih dari 16.000 porsi makanan gratis.

Baca Juga: Terpuji! Tiap Malam Restoran Ini Tinggalkan Makanan Enak untuk Para Tunawisma

Mannan menceritakan sudah punya 'tamu' reguler di restorannya. "Kami kenal mereka dan tahu apa yang mereka mau. Beberapa punya masalah gigi sehingga kami memberikan ayam tanpa tulang, yang empuk. Bagi sebagian orang, kebiasaan minum alkohol dan mengonsumsi narkoba membuat mereka alami masalah gigi," lanjut Mannan.

Mannan sendiri merupakan imigran dari sebuah desa kecil di Pakistan. Ia datang ke AS tahun 1996 dengan hanya menyisakan USD 5 di dompetnya. Ia juga melalui masa-masa sulit dimana tak punya cukup uang untuk makan.

Mulia! Resto Halal di AS Ini Bagikan Makanan Gratis untuk TunawismaFoto: ABC7News

Setelah membuka Sakina Halal Grill tahun 2013 ia putuskan beri makan gratis untuk tunawisma. Soal operasional resto, Manna bertanya tiap hari pada Tuhan. "Bagaimana bisa saya membuat bisnis tetap berjalan, tumbuh, dan hasilkan keuntungan?"

Nyatanya ia tetap bisa menjalankan restonya dengan baik. "Saya tidak ingin donasi apa pun, tapi kalau Anda makan di sini, itulah bentuk dukungan Anda untuk membantu restoran komunitas yang menawarkan kebaikan dan mencintai sesama manusia," pungkas Mannan.

Baca Juga: Komunitas Ini Sulap Dapur Umum Jadi Restoran untuk Layani Tuna Wisma

(adr/odi)