Resep Telur Orak-arik Plus 5 Bahan Kaya Nutrisi Untuk Sahur

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 07 Mei 2019 02:33 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Telur orak-arik jadi pilihan menu sahur paling praktis dan mudah. Daripada polos saja, coba perkaya nutrisinya dengan bahan-bahan enak ini.

Sebagai lauk santap sahur, telur orak-arik selalu jadi pilihan. Rasanya gurih enak dan gampang dipadupadan dengan aneka bahan. Telur memberi asupan protein, lemak, dan karbohidrat serta sejumlah mineral dan vitamin.

Telur orak-arik sebagai menu sahur akan lebih bernutrisi dengan tambahan 5 bahan ini. Jumlah tambahan bahan telur orak-arik ini bisa disesuaikan dengan jumlah telur yang dimasak.

Untuk mendapatkan tekstur orak-arik telur yang creamy gurih dan sedikit basah, cukup gunakan api kecil dan angkat dari api saat telur sudah menggumpal rata dan masih basah. Sebagai tambahan rasa telur orak-arik cukup ditambahkan garam dan merica saja.


Resep Telur Orak-arik Plus 5 Bahan Kaya Nutrisi Untuk Sahur Foto: Thinkstock

1. Brokoli atau Sawi

Brokoli dan sawi merupakan sayuran hijau sumber serat yang gampang didapat dan cocok dipadukan dengan telur orak-arik. Untuk sawi bisa dipilih sawi manis atau bokchoy. Iris halus sawi ini. Tumis sebentar hingga layu sebelum dicampurkan dalam telur.

Kandungan vitamin C dan mineral serta serat pada sayuran ini akan menambah nutrisi telur orak-arik. Jika memakai brokoli, cincang halus atau serut halus brokoli sebelum dicampurkan dalam telur kocok. Sayuran hijau yang renyah ini mengandung vitamin A, B, C dan D serta serat yang baik untuk menjaga stamina tubuh.

Resep Telur Orak-arik Plus 5 Bahan Kaya Nutrisi Untuk Sahur Foto: iStock

2. Keju

Fermentasi susu segar ini dikenal kaya akan nutrisi. Protein, lemak dan vitamin A serta D merupakan nutrisi unggul dari produk olahan susu ini. Keju umum dijadikan bahan campuran telur orak-arik. Pilih jenis keju cheddar atau keju natural untuk menambah rasa gurih dan nutrisi telur orak-arik. Tambahkan saat telur orak-arik sudah hampur matang.

Resep Telur Orak-arik Plus 5 Bahan Kaya Nutrisi Untuk Sahur Foto: iStock

3 Sosis atau Kornet

Daging olahan ini juga gurih dan enak. Cocok dijadikan paduan telur orak-arik. Beragam jenis sosis seperti sosis dengan rasa keju dan lada hitam bisa jadi pilihan untuk meperkaya rasa telur orak-arik. Karena sosis dan kornet umumnya mengandung garam cukup tinggi, sebaiknya jangan tambahkan garam pada telur orak-arik. Tambahkan saat telur orak-arik hampir matang. Bisa juga dicampurkan jadi satu.

Resep Telur Orak-arik Plus 5 Bahan Kaya Nutrisi Untuk Sahur Foto: iStock

4. Tahu

Olahan kedelai ini teksturnya lembut dengan rasa gurih creamy. Cocok dipadukan dengan telur orak-arik. Pilih jenis tahu putih yang lembut atau jenis egg tofu. Tahu memberi tambahan asupan protein nabati yang rendah lemak juga asupan vitamin D. Cincang halus tahu aduk bersama telur kocok dan buat telur orak-arik seperti biasa.

Resep Telur Orak-arik Plus 5 Bahan Kaya Nutrisi Untuk Sahur Foto: iStock

5. Kecap manis

Produk olahan kedelai yang populer dengan rasa manisnya ini juga mengandung protein nabati. Tambahkan kecap manis dalam telur kocok sehingga rasa orak-arik telur sedikit manis. Jika tak suka manis bisa gunakan soy sauce, kocok bersama telur kocok dan buat telur orak-arik yang lebih gurih.



Resep Telur Orak-arik Plus 5 Bahan Kaya Nutrisi Untuk Sahur
(odi/odi)