Serunya Belanja di 5 Pasar Apung di Asia, Salah Satunya Indonesia

Devi Setya - detikFood Minggu, 05 Mei 2019 10:53 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Pasar tradisional bisa jadi salah satu destinasi wisata. Beberapa daerah bahkan memiliki pasar tradisional terapung yang ada di atas sungai. Seru!

Kebudayaan masyarakat Asia memang sangat kaya, bahkan untuk pasar tradisionalnya saja punya ragam yang menarik. Dengan mengandalkan aliran sungai, beberapa pedagang dan pembeli sibuk berjualan dengan perahu yang terapung.

Di beberapa negara di Asia ada pasar terapung yang cukup ternama. Bahkan salah satunya ada di Sungai Barito, Kalimantan.

1. Pasar Apung Damnoen Saduak, Thailand
Serunya Belanja di 5 Pasar Apung di Asia, Salah Satunya Indonesia Foto: istimewa

Damnoen Saduak adalah sebuah kanal paling panjang di Thailand. Kanal sepanjang 32 kilometer ini dimanfaatkan sebagai sarana transportasi dan aktivitas masyarakat. Termasuk dijadikan pasar apung.

Pasar ini jadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh terlewat saat mampir ke Thailand. Banyak wisatawan yang berbelanja buah, makanan ringan hingga aneka aksesoris di pasar apung ini. Sensasinya semakin seru karena pengunjung harus belanja menggunakan sampan kayu.

Baca juga : Begini Serunya Sarapan di Pasar Terapung, Banjarmasin

2. Pasar Apung Dal Lake, India
Serunya Belanja di 5 Pasar Apung di Asia, Salah Satunya Indonesia Foto: istimewa

Pasar apung di India ini berlokasi di Srinagar, negara bagian Jammu dan Kashmir di India. Pasar ini bukan berada di atas aliran sungai melainkan di atas danau.

Setiap harinya ada belasan penjual dan pembeli yang bertransaksi kebutuhan harian melalui sampan kayu. Komoditas yang dijual kebanyakan sayuran dan buah-buahan segar. Selain berbelanja, banyak wisatawan yang datang untuk berburu foto keren.

3. Pasar Apung Mekong Delta, Vietnam
Serunya Belanja di 5 Pasar Apung di Asia, Salah Satunya Indonesia Foto: istimewa

Banyak alasan yang membuat banyak orang menyambangi pasar apung ini. Orang-orang lokal akan berbondong menuju sungai untuk berjualan dan berbelanja.

Buah, sayuran dan jajanan lokal jadi bahan yang banyak diperjualbelikan. Selain bisa mendapat aneka buah segar dengan harga miring, penduduk lokal juga akan menyambut pengunjung dengan ramah.

4. Pasar Apung Nam Pan, Myanmar
Serunya Belanja di 5 Pasar Apung di Asia, Salah Satunya Indonesia Foto: istimewa

Pasar apung ini berlokasi di danau Inle, Myanmar. Keramaian pasar ini sudah terasa bahkan sejak matahari belum terbit. Penjual akan lebih dulu pergi ke tengah danau lalu disusul para pembeli.

Dengan menumpang sampan kayu, pengunjung bisa berbelanja sekaligus merasakan sensasi jadi warga lokal. Buah dan sayuran lokal adalah dua bahan makanan yang banyak dijual di pasar ini.

Baca juga : Asyiknya Belanja dan Jajan Enak di Pasar Terapung Lok Baintan

5. Pasar Apung Muara Kuin, Indonesia
Serunya Belanja di 5 Pasar Apung di Asia, Salah Satunya Indonesia Foto: istimewa

Indonesia juga tak kalah hits soal pasar apung. Di sungai Barito ada pasar apung yang dikenal dengan sebutan pasar Muara Kui. Lokasinya ada di Sungai Kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Selain sebagai tempat belanja, aktivitas di pasar ini juga sebagai salah satu tradisi warisan leluhur kebanggaan masyarakat Kalimantan. Di sini Anda bisa berbelanja aneka makanan berkualitas dengan harga miring. (dvs/odi)