Belanja Ramadan

Mau Stok Buah Segar untuk Puasa? Perhatikan Hal Penting Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 03 Mei 2019 16:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Belanja Ramadan
Jakarta - Selain sayuran, stok buah segar juga penting selama bulan puasa. Ini agar tubuh tetap terhidrasi dan mendapat cukup asupan serat.

Menyimpan buah untuk jangka panjang perlu trik. Ada beberapa buah yang bisa disimpan lama sehingga cocok buat stok Ramadan. Mulai dari mangga, melon, hingga jeruk. Yuk, simak dulu tips penting menyimpan ragam buah segar!

Baca Juga: Ini 6 Cara Sederhana Untuk Menjaga Kesegaran Buah dan Sayuran

Siap-siap Simpan Buah Segar untuk Puasa? Perhatikan Hal IniFoto: iStock

1. Melon
Melon jadi pilihan tepat untuk disimpan lumayan lama. Sebab kulit melon yang keras melindungi kualitas daging buahnya di dalam. Untuk menyimpan lebih lama, belilah melon yang tidak terlalu matang. Ditandai dari warna kulitnya yang masih kehijauan, beratnya masih ringan, dan aromanya belum terlalu harum.

Melon utuh bisa disimpan di suhu ruang. Jika sudah dibuka sebaiknya langsung dihabiskan untuk mendapat kualitas terbaik. Pasalnya kandungan antioksidan dalam melon yaitu likopen dan betakaroten akan berkurang bila disimpan di dalam kulkas.

Siap-siap Simpan Buah Segar untuk Puasa? Perhatikan Hal IniFoto: iStock

2. Mangga
Yang juga bisa dijadikan stok selama bulan puasa adalah mangga. Jenisnya beragam dan bisa Anda pilih sesuai selera. Ada mangga arumanis, manalagi, atau mangga golek. Mangga bisa matang dengan sendirinya. Kalau beli yang belum terlalu matang, simpanlah mangga di suhu ruang untuk proses pematangan yang lebih cepat yaitu sekitar 3 hari.

Nah, kalau Anda ingin menyimpan mangga lebih lama, masukkan ke dalam kulkas. Proses pematangannya akan tertunda. Untuk mangga yang sudah dikupas atau dipotong bisa disimpan di dalam kulkas. Biasanya akan bertahan 2-3 hari ke depan.

Siap-siap Simpan Buah Segar untuk Puasa? Perhatikan Hal IniFoto: Istock

3. Semangka
Selain melon, ada semangka yang menyegarkan. Limpahan kandungan air pada semangka membuat buah ini bagus untuk menghidrasi tubuh dengan cepat. Kulit semangka yang keras juga membuat buah ini lebih awet.

Perlu diketahui, semangka utuh bisa tahan hingga 10 hari saat disimpan di suhu ruang. Kalau di dalam kulkas bisa sampai dua minggu. Semangka yang sudah dipotong-potong pun bisa disimpan. Hanya saja perlu disimpan di wadah berpenutup atau wadah kedap udara.

Siap-siap Simpan Buah Segar untuk Puasa? Perhatikan Hal IniFoto: iStock

4. Jeruk
Anda suka jeruk? Sebelum bulan puasa tiba, segeralah beli jeruk favorit. Jeruk termasuk buah yang mudah disimpan dan awet. Jeruk bisa langsung ditaruh dalam kulkas untuk menjaga rasa dan kualitasnya.

Jeruk bisa bertahan sekitar 1 minggu di suhu ruang namun bisa satu bulan di dalam kulkas. Pastikan tidak menyimpan jeruk dalam posisi saling bertumpuk agar tidak merusak kualitas jeruk di bawahnya.

Siap-siap Simpan Buah Segar untuk Puasa? Perhatikan Hal IniFoto: iStock


5. Apel
Buah apel juga banyak penggemarnya. Teksturnya renyah dengan rasa manis sedikit asam. Apel bisa disimpan dalam suhu ruang, namun akan lebih baik jika apel disimpan di kulkas. Yang perlu diperhatikan adalah posisi menaruh apel.

Apel ternyata memproduksi banyak gas etilen yang bisa membantu buah dan sayuran lain matang lebih cepat. Sebaiknya hindari menaruh apel berdekatan dengan buah dan sayuran lain. Cara terbaik adalah menyimpan apel di wadah terpisah atau membungkusnya lebih dulu sebelum dimasukkan dalam kulkas.

Baca Juga: Agar Lebih Awet, Simpan Buah dan Sayur di Kulkas dengan Cara Ini (adr/odi)
FOKUS BERITA Belanja Ramadan