Ini 6 Cara Sederhana Untuk Menjaga Kesegaran Buah dan Sayuran

Riska Fitria - detikFood Rabu, 07 Nov 2018 10:18 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Berapa sering Anda membuang sayuran dan buah busuk dari kulkas? Sebagian besar kerusakannya karena salah dalam menyimpan.

Setiap tahun, sampah makanan yang dihasilkan bisa mencapai 10.2 juta ton. Sampah makanan tersebut berasal dari buah atau sayuran yang membusuk sebelum dikonsumsi. Anda bisa melakukan tindakan kecil dan mudah untuk menjaga kesegarannya.

Dilansir dari Mail Online (27/09) berikut 6 cara dari The Good Housekeeping Institute untuk menyimpan buah dan sayur agar tetap segar.

Baca juga : Agar Tetap Segar, Jangan Simpan Buah dan Sayur Ini di Dalam Lemari Es! (1)


1. Simpan secara terpisah
Ini 6 Cara Sederhana Untuk Menjaga Kesegaran Buah dan SayuranFoto: Istimewa
Supaya buah dan sayuran tetap segar, jangan biarkan mereka disimpan di wadah yang sama. Hal tersebut lantaran banyak buah yang menghadilkan gas ethylene yang bertindak seperti hormon pematangan yang bisa mematangkan dan merusak sayur di sekitarnya.

Gas tersebut biasanya ada di dalam buah pisang, alpukat dan buah persik. Oleh karena itu disarankan untuk menaruh buah dan sayuran di tempat yang berbeda.


2. Membuat vas sayuran


Cara paling gampang menjaga kesegaran sayuran adalah menaruhnya dalam vas berisi air. Bungkus keliling vas dengan tisu, isi vas dengan air, kemudian masukkan sayuran tersebut ke dalam vas dengan posisi tegak dalam air. Dengan cara tini sayuran terhidrasi dan memperlambat proses layu.

3. Membekukan
Ini 6 Cara Sederhana Untuk Menjaga Kesegaran Buah dan SayuranFoto: iStock
Dengan membekukan sayur atau buah di dalam freezer bisa menjaga nutrisi dan kesegarannya. Bawang juga bisa dipotong atau dicincang kasar, taruh dalam wadah tertutup dan bekukkan. Berbeda dengan jamu.

Untuk menyimpan jamur, potong-potong jamur, masukkan dalam wadah, beri air dan simpan dalam freezer hingga beku.


Tonton juga 'Tips Menyimpan Sayuran Agar Tahan Lama':

[Gambas:Video 20detik]


4. Simpan bawang di stocking

Khusus untuk menyimpan bawang bombay, bawang merah dan bawang putih bisa dipakai stocking bekas yang bersih dan berwarna hitam. Masukkan bawang ke dalam stocking sampai stocking terisi penuh. Kemudian gantungkan di tempat yang sejuk dan kering. Lubang syocking akan menjaga bawang tetap kering dengan sirkulasi udara. Sementara warna hitam melindungi bawang dari cahaya sinar matahari yang bisa membuat bawang bertunas. Gunting bagian bawah stocking jika akan mengambil bawang lalu ikat erat kembali.


5. Bungkus dengan kertas aluminium


Biasanya saat memakai daun seledri selalu menyisahkan beberapa batang yang sayang untuk dibuang. Agar tetap segar, bungkus sisa daun selederi dan batangnya dengan kertas aluminium dan simpan di kulkas. Cara ini bisa membuat seledri tetap lembap dan tahan disimpan hingga dua minggu.

6. Simpan kentang bersama apel
Ini 6 Cara Sederhana Untuk Menjaga Kesegaran Buah dan SayuranFoto: iStock
Jika dibiarkan beberapa hari seringkali kentang tersebut tumbuh tunas. Untuk mencegahnya simpan kentang dan apel dalam wadah yang sama, dalam kantong kertas yang berlubang-lubang atau berventilasi. Kemudian simpan di tempat yang sejuk dan kering.

Kentang tidak akan bertunas, karena ada gas yang keluar dari buah apel. Sangat tidak disarankan menyimpan kentang dalam kulkas karena akan membuat kentang cepat bertunas. Kentang bertunas dan kehijauan tidak baik dikonsumsi karena bisa mengandung racun.

Baca juga : Agar Tetap Segar, Jangan Simpan Buah dan Sayur Ini di Dalam Lemari Es! (2)
(sob/odi)