Sama-sama Gurih Enak, Ini Bedanya Keju Parmesan dan Parmigiano-Reggiano

Shara Azzhara - detikFood Jumat, 03 Mei 2019 08:28 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Keju parmesan dan parmigiano-reggiano sama-sama digemari karena rasanya gurih nikmat. Namun keduanya punya perbedaan dari sisi pengolahan. Seperti apa bedanya?

Sejak zaman dahulu, keju dikenal dengan jenisnya yang beragam. Masing-masing jenis keju memiliki cita rasa khas yang cocok untuk dipadu padankan dengan berbagai makanan. Dari berbagai jenis yang ada, parmesan menjadi jenis yang paling umum dan banyak dijumpai di pasaran

Sama-sama Gurih Enak, Ini Bedanya Keju Parmesan dan Parmigiano-ReggianoFoto: iStock

Selain itu, terdapat jenis keju lain yang setipe dengan Parmesan yaitu Parmigiano-Reggiano. Ternyata, Parmiagiano-Reggiano memang merupakan keju jenis Parmesan. Namun tidak semua Parmesan merupakan Parmigiano-Reggiano. Agar Anda dapat menggunakan jenis yang tepat untuk setiap masakan, kenali perbedaannya seperti dikutip dari MNN (2/5) berikut ini.

Baca juga: Keju Parmesan Bukan Produk Vegetarian, Ini Penjelasannya

PARMESAN

Sama-sama Gurih Enak, Ini Bedanya Keju Parmesan dan Parmigiano-ReggianoFoto: Getty Images

Keju Parmesan merupakan keju dari susu sapi yang cenderung keras dan memiliki rasa mirip kacang dan tekstur yang sedikit berpasir. Keju jenis ini identik dengan masakan khas Italia, umumnya digunakan dengan diparut, dipanggang, atau ditabur diatas makanan. Bahan dasar pembuatan Parmesan adalah susu sapi, garam dan rannet. Rannet sendiri merupakan enzim dari perut sapi, sehingga keju ini bukan merupakaan keju vegetarian.

Kata Parmesan biasanya digunakan sebagai penyebutan jenis keju, namun di beberapa negara penyebutan jenis keju lebih spesifik lagi. Diantara keju jenis Parmesan, terdapat golongan kuallitas yang beragam. Di seluruh dunia terdapat industri kecil yang memproduksi keju Parmesan dan juga pabrik berskala besar. Hal ini membuat kualitas dan karakter keju Parmesan dapat berbeda di setiap wilayah.

Biasanya keju Parmesan dijual dalam bentuk bongkahan atau dalam ukuran siap parut maupun yang sudah diparut. Keju Parmesan yang sudah diparut dan dimasukan dalam kemasan biasanya diberi sedikit tepung atau pati jagung agar tidak menempel satu sama lain. Jika Anda menginginkan keju Parmesan yang murni tanpa tambahan bahan lain, lebih baik membeli dalam bentuk yang belum diparut.

Baca juga: Bagaimana Cara Membedakan Keju Parmesan, Parmigiano dan Pecorino?

PARMIGIANO-REGGIANO

Sama-sama Gurih Enak, Ini Bedanya Keju Parmesan dan Parmigiano-ReggianoFoto: Istimewa

Keju Parmigiano-Reggiano merupakan keju Parmesan yang asli dan autentik. Keju jenis ini hanya diproduksi di beberapa daerah di Italia dan sangat dijaga kualitasnya. Keju Parmesan dapat disebut Permigiano-reggiano hanya jika dibuat di provinsi Parma, Reggio Emilia, Modena, dan bebrapa daerah di provinsi Matua dan Bologna, berdasarkan persetujuan Parmigiano Reggiani.

Parmigiano-Reggiano merupakan produk dengan standar aturan yang tinggi. Susu segar yang digunakan harus diperoleh dari sapi yang diberi makanan yang bersumber dari daerah asalnya. Keju ini harus disimpan hingga berumur minimal 12 bulan. Bahkan terdapat peraturan untuk ukuran bongkahan keju dan warna dari bagian luar keju. rasa dari keju ini juga beragam sesuai di provinsi mana keju diproduksi. Namun secara umum Parmigiano-reggiano pasti memiliki kualitas yang tinggi.

Anda dapat menggunakan keju jenis ini pada resep apapun yang mengandung Parmesan. Untuk mengetahui apakah keju Parmigiano-Reggiano yang adan beli autentik, perhatikanlah bagian luarnya. Jika terdapat cetakan kata "PARMIGIANO REGGIANO" maka keju tersebut asli dibuat sesuai standar yang ada.

Baca juga: Keju yang Gurih dan Kaya Rasa Jadi Favorit Orang Indonesia (dwa/adr)