Belanja Ramadan

Mau Beli Telur Untuk Stok Puasa? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 30 Apr 2019 16:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Belanja Ramadan
Jakarta - Saat puasa telur selalu jadi andalan sajian praktis yang kaya nutrisi. Agar mendapatkan telur dengan kualitas tebaik, sebaiknya perhatikan lima hal ini.

Mudah dan praktis untuk diolah, hingga punya rasa yang enak membuat telur jadi primadona. Terutama di bulan ramadan, banyak orang yang membeli telur ayam untuk di stok. Agar tidak terkecoh dengan telur yang punya kualitas rendah, simak hal-hal ini.

Baca Juga: Perlu Cermat dan Hemat Beli Kebutuhan Dapur Selama Ramadan


1. Cek Tanggal Kedaluwarsa

Mau Beli Telur Untuk Stok Puasa? Perhatikan Dulu 5 Hal IniFoto: iStock

Jika membeli telur di supermarket atau toko besar lainnya, biasanya telur-telur ini dikemas dalam satu karton atau kemasan. Di kemasan tersebut biasanya ada tanggal kedaluwarsa.

Sebaiknya pilih yang tanggal kedaluwarsanya masih jauh. Karena kualitas telur ayam akan terus menurun jika sudah memasuki masa kedaluwarsanya. Usahakan simpan telur di dalam lemari pendingin, untuk menghindari dari pertumbuhan bakteri.


2. Warna Cangkang Telur

Mau Beli Telur Untuk Stok Puasa? Perhatikan Dulu 5 Hal IniFoto: iStock

Jika membeli telur, perhatikan warna dari kulit atau cangkang telur. Biasanya telur punya warna yang beragam, ada yang warnanya cokelat terang, hingga memiliki bintik-bintik hitam. Hal ini ternyata bisa jadi indikasi untuk mengetahui kualitas telur.

Sebaiknya pilih lah telur yang memiliki warna cerah, dan mulus merata. Karena telur yang warnanya tampak kusam, dan sedikit kusam menandakan bahwa usia telur itu sudah tua. Sementara bintik-bintik hitam merupakan jamur yang tumbuh di kulit telur, karena telur sudah lama disimpan.


3. Tekstur Kulit Telur

Mau Beli Telur Untuk Stok Puasa? Perhatikan Dulu 5 Hal IniFoto: iStock

Cukup mudah untuk menemukan telur dengan kualitas yang masih segar. Caranya cukup sentuh permukaan kulit telur, jika terasa permukaannya sedikit kasar dan penuh butiran-butiran putih, itu artinya telur masih segar. Sebaliknya, telur dengan kulit yang licin dan sudah mengkilap merupakan tanda bahwa telur tersebut sudah disimpan dalam waktu yang lama.


4. Gerakkan Telur Secara Perlahan

Mau Beli Telur Untuk Stok Puasa? Perhatikan Dulu 5 Hal IniFoto: iStock

Saat memilih telur, tentu kita tidak bisa melihat bagian dalam telur. Cara yang paling mudah adalah dengan menggoyangkan atau mengocok telur. Tidak perlu kencang, cukup goyangkan telur secara perlahan ke arah telinga.

Jika telur tidak mengeluarkan suara, artinya telur masih dalam kondisi yang baik, dan bagian dalamnya masih kental. Sementara jika terdengar suara di dalam telur, artinya telur tersebut teksturnya sudah encer, sehingga kualitasnya sudah tidak terlalu segar.


5. Jangan Beli Telur Terlalu Banyak

Mau Beli Telur Untuk Stok Puasa? Perhatikan Dulu 5 Hal IniFoto: iStock
Telur mudah di dapat, di supermarket, pasar tradisional, hingga warung kecil. Sehingga hindari membeli telur dalam jumlah yang besar. Cukup beli 1kg telur, yang berisi 14 hingga 15 butir telur ayam.

Baiknya, telur-telur ini dikonsumsi dalam waktu satu minggu. Meski umumnya telur bisa bertahan hingga 2-3 minggu. Namun, agar kualitasnya tetap terjaga cukup beli telur sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Kenapa Telur Ayam Ada yang Warnanya Cokelat dan Putih? (sob/odi)
FOKUS BERITA Belanja Ramadan