Masyarakat Protes Museum Polandia yang Larang Karya Seni Bertema Pisang

Devi Setya - detikFood Selasa, 30 Apr 2019 14:30 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Seniman dan politisi Polandia melakukan protes setelah pemerintah melarang karya seni bertema pisang. Pihak berwenang menganggap buah ini mengandung unsur pornografi.

Dilansir dari FoxNews (30/4) pihak Museum Nasional di Warsawa mengeluarkan video seni berjudul "Consumer Art dari dalam museum. Alasannya karena dalam video ini terdapat adegan artis ternama Natalia LL yang sedang menyantap dan menikmati buah pisang.

Kepala museum, Jerzy Miziolek kemudian dipanggil oleh Kementerian Kebudayaan setempat untuk mengeluarkan video tersebut dari daftar koleksi museum. Dalam sebuah wawancara, Miziolek mengatakan ia sangat menentang karya-karya yang dapat mengganggu anak muda yang sensitif akan hal sensual.
Masyarakat Protes Museum Polandia yang Larang Karya Seni Bertema Pisang Foto: istimewa

Baca juga : Jangan Dibuang! Pisang yang Terlalu Masak Ternyata Punya 5 Manfaat Ini

Padahal sebelumnya, video ini sudah ada di dalam museum selama bertahun-tahun. Tak hanya video yang memuai adegan makan pisang, pihak museum juga mengeluarkan karya video lain yang dibuat pada 2005 lalu.

Video ini memperlihatkan artis wanita, Katarzyna Kozyra yang berjalan bersama dua pria berpakaian seperti anjing. Dua karya seni berbentuk video yang dicoret dari koleksi museum ini kemudian mengundang protes masyarakat.
Masyarakat Protes Museum Polandia yang Larang Karya Seni Bertema Pisang Foto: istimewa

Banyak orang termasuk para aktris melakukan protes dengan cara mengunggah foto saat memegang atau memakan buah pisang. Aktris Polandia Magdalena Cielecka berfoto menggenggam buah pisang yang diarahkan ke kepalanya seperti pistol.

Perselisihan terkait pembatasan karya seni ini tercatat mulai sejak 2015 dimana pemerintahan yang baru memegang tongkat kekuasaan. Menteri Kebudayaan Piotr Glienski beberapa kali mengeluarkan kebijakan memotong anggaran untuk festival seni. Ia bahkan pernah memecat seorang sutradara yang menampilkan karya berisi sindiran untuk pemerintah.
Masyarakat Protes Museum Polandia yang Larang Karya Seni Bertema Pisang Foto: istimewa

Baca juga : Waduh! Situs Belanja Online Ini Jual 1 Kg Pisang Rp 18 Juta

Dengan ini masyarakat pengguna Twitter dan Facebook secara beramai-ramai memposting foto makan pisang sebagai langkah protes.

"Seorang seniman, untuk menciptakan sebuah karya harus bebas," kata Cielecka. (dvs/odi)