Seafood ala Restoran

Catat! Ini Seafood yang Selalu Ada di Pasar Ikan Modern Muara Baru

Devi Setya - detikFood Jumat, 26 Apr 2019 20:00 WIB
Foto: Devi S. Lestari/detikfood Foto: Devi S. Lestari/detikfood
FOKUS BERITA Seafood ala Restoran
Jakarta - Bukan hanya sebagai pusat penjualan seafood saja, kini Pasar Ikan Modern Muara Baru jadi tempat wisata. Mau borong seafood? Catat dulu jenis seafood yang ada.

Kalau baru pertama kali ke pasar ikan ini pasti bingung ingin membeli seafood apa. Karena di sini sangat banyak jenis ikan dan seafood menarik yang tersedia.

Daripada bingung dan boros membeli aneka seafood, lebih baik cari tahu dulu ada jenis seafood apa saja yang tersedia.

1. Berbagai jenis ikan
Catat! Ini Seafood yang Selalu Ada di Pasar Ikan Modern Muara Baru Foto: Pradita Utama

Ikan jadi komoditas paling banyak yang dijual di pasar ini. Ada belasan jenis ikan segar yang dijajakan para pedagang mulai ikan berukuran kecil hingga ikan berukuran super besar.

Jenis ikan yang selalu tersedia di pasar ini antara lain ikan tongkol, bawal, dori, sauri, kakap merah, baronang hingga ikan tuna. Kalau mau mencoba banyak jenis ikan, cobalah membeli dalam jumlah sedikit-sedikit. Pasar ini melayani pembelian ikan minimal 1 kilogram.

Baca juga : Serunya Berburu Kerang hingga Udang Jumbo Harga Miring di Pasar Ikan Muara Baru

2. Aneka Udang
Catat! Ini Seafood yang Selalu Ada di Pasar Ikan Modern Muara Baru Foto: Devi S. Lestari/detikfood

Selain ikan, ada juga udang yang tak kalah menggoda. Ada beberapa pedagang yang khusus menjual aneka jenis dan ukuran udang. Ada udang berukuran kecil, tapi jangan lewatkan udang berukuran jumbo yang mantap dan pas jadi menu bakaran.

Udang di pasar ini dibanderol dengan harga beragam sesuai jenis dan ukurannya. Ada mini tiger prawn yang harganya Rp 150 ribu per kilogram hingga udang galah berukuran besar yang harganya Rp 180 ribu per kilogram.

3. Cumi-cumi
Catat! Ini Seafood yang Selalu Ada di Pasar Ikan Modern Muara Baru Foto: Devi S. Lestari/detikfood

Jenis cumi-cumi yang dijual di pasar ini memang hanya satu jenis tapi ukuran cuminya terbagi hingga 5 ukuran berbeda. Ada cumi kecil-kecil namun ada juga yang super besar.

Cumi di sini dibanderol dengan kisaran harga Rp 45 ribu per kilogram. Kami sarankan untuk membeli cumi yang berukuran sedang saja karena semakin besar cumi, terkadang dagingnya alot dan agak keras.

4. Berbagai jenis kerang
Catat! Ini Seafood yang Selalu Ada di Pasar Ikan Modern Muara Baru Foto: Devi S. Lestari/detikfood

Mau seafood murah meriah? Cobalah borong aneka kerang yang harganya mulai Rp 10 ribu per kilogram. Setiap hari ada jenis kerang hijau, kerang dara dan kerang tahu berbagai ukuran.

Kalau beruntung, kadang di pasar ini juga ada kerang bambu. Meskipun sudah terbilang murah, penjual kerang tak segam menurunkan harga kalau membeli dalam jumlah banyak. Jadi cobalah menawar agar semakin banyak seafood yang bisa dibeli.

Baca juga : Seperti Ini Ikan dan Seafood Segar yang Dijual di Pasar Ikan Muara Baru

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Seafood ala Restoran