Seafood ala Restoran

Serunya Berburu Kerang hingga Udang Jumbo Harga Miring di Pasar Ikan Muara Baru

Devi Setya - detikFood Jumat, 26 Apr 2019 16:29 WIB
Foto: Devi S. Lestari/detikfood Foto: Devi S. Lestari/detikfood
FOKUS BERITA Seafood ala Restoran
Jakarta - Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara tengah mendapat sorotan pencinta seafood. Di sini bisa belanja seafood seru dengan harga miring.

Pasar ikan yang resmi beroperasi awal 2019 ini terlihat modern, bersih dan rapi. Detikfood (24/4) menyambangi pasar ikan ini untuk membuktikan seberapa nyaman berbelanja seafood di sini.

Pasar ini beroperasi mulai sore hingga tengah malam. Saat kami tiba di pasar ini pukul 16.00 WIB, para pedagang belum siap berjualan karena masih sibuk membongkar aneka ikan dan seafood hasil tangkapan.
Serunya Berburu Kerang hingga Udang Jumbo Harga Miring di Pasar Ikan Muara Baru Foto: Devi S. Lestari/detikfood

Baca juga : 5 Fakta Pasar Ikan Modern Muara Baru yang Mirip Pasar Tsukiji Tokyo

Truk dan mobil pick up juga hilir mudik membawa komoditas laut dari pelabuhan menuju pasar. Aroma amis menyeruak namun kondisi pasar terlihat bersih, rapi dan ditopang sistem penerangan yang mumpuni.

Sekira pukul 18.00 WIB kami kembali lagi ke area pasar dan mendapati hampir semua pedagang sudah siap dengan aneka seafood segar yang berlimpah. Ada ratusan pedagang yang ditempatkan pada kios-kios tanpa sekat. Hampir semua seafood diletakkan rapi dalam wadah bak plastik.

Para pembeli juga terlihat hilir mudik mencari seafood favorit. Tak hanya orang tua, ada juga anak muda hingga ibu-ibu berpakaian rapi yang tampaknya memang sengaja datang untuk memborong seafood.

Di sini tersedia aneka seafood. Untuk ikan, setidaknya ada belasan jenis ikan yang ditawarkan mulai dari ikan baronang, ikan bawal, ikan tongkol, ikan tenggiri, kakap merah hingga ikan tuna berukuran super besar.
Serunya Berburu Kerang hingga Udang Jumbo Harga Miring di Pasar Ikan Muara Baru Foto: Devi S. Lestari/detikfood

Meskipun pasar ini terbilang pusat penjualan ikan tapi pedagang tetap senang hati melayani pembelian dalam jumlah kecil. Kami membeli ikan baronang yang menurut sang penjual berasal dari perairan Maluku. Harga perkilonya bervarian mulai Rp 45-55 ribu tergantung ukurannya.

Untuk jenis ikan besar, para pedagang tidak menjual utuh melainkan dalam bentuk fillet dan dipotong-potong menjadi bagian kecil. Atraksi kemampuan pedagang saat memotong ikan besar juga bisa disaksikan pengunjung.

Selain ikan, ada juga aneka jenis udang yang menarik perhatian. Ada tiger prawn, udang galah kecil hingga udang galah super jumbo. Udang ini dibanderol dengan harga bervarian mulai dari Rp50-170 ribu perkilonya.

Yang tak kalah menarik adalah cumi-cumi. Di sini bisa memilih cumi dengan ukuran sesuai selera, ada cumi kecil hingga cumi yang sangat besar.

Satu kilogram cumi-cumi diberi harga Rp 45 ribu. Pengunjung bisa memilih mau cumi kecil yang bisa dapat banyak atau seekor cumi yang beratnya 1 kilogram. Dijamin segar!
Serunya Berburu Kerang hingga Udang Jumbo Harga Miring di Pasar Ikan Muara Baru Foto: Devi S. Lestari/detikfood

Bagi penggemar kerang, jangan lewatkan aneka kerang yang siap jadi olahan lezat. Ada jenis kerang hijau, kerang dara hingga kerang tahu. Harganya mulai Rp 10-20 ribu perkilogram.

Meskipun harganya sudah miring, tapi pengunjung masih bisa menawar. Kalau membeli dalam jumlah banyak, pedagang tak segan menurunkan harga atau memberi bonus tambahan seafood.

Sejak pasar ini dijadikan lebih berkelas, para pedagang mengaku senang karena semakin banyak pengunjung yang datang berbelanja. "Udah enak sekarang, bersih. Makin rame Alhamdulillah, banyak keluarga datang, anak muda pada beli ikan. Dulu sama sekali nggak ada," ujar satu pedagang yang kami temui.

Nah, kalau mau langsung menyantap seafood hasil buruan, coba datang ke area food court di lantai 2 pasar ini. Di sini ada kios-kios yang menwarkan jasa memasak seafood.
Serunya Berburu Kerang hingga Udang Jumbo Harga Miring di Pasar Ikan Muara Baru Foto: Devi S. Lestari/detikfood

Baca juga : Keren dan Bersih! Pasar Ikan Modern Muara Baru yang Diresmikan Jokowi

Seafood bisa dibakar, digoreng atau dimasak dengan saus sesuai selera. Jasa masaknya berkisar 25-30 ribu untuk sekilo seafood. Di sini juga tersedia area makan yang nyaman dan luas.

Sebagai saran, kalau berkunjung ke pasar ikan ini lebih seru kalau beramai-ramai dengan keluarga atau kerabat. Semakin ramai maka akan semakin murah pesta seafoodnya. Selamat berburu seafood! (dvs/odi)
FOKUS BERITA Seafood ala Restoran