Tak Seperti di Indonesia, Orang Prancis Tak Pernah Makan dan Minum di Bioskop

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 26 Apr 2019 13:55 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak orang masih meninggalkan sampah bekas makanan dan minuman di dalam bioskop, terutama di Indonesia. Tapi hal sebaliknya justru terjadi di Prancis.

Demam film 'Avengers: Endagame' di Indonesia, membuat banyak bioskop menambah jam tayang mereka. Ada yang mulai dari pagi hari, hingga dini hari. Potret sampah sisa makanan seperti popcorn dan gelas minuman di dalam bioskop, bertebaran di media sosial.

Baca Juga: Waduh! Marvel Sarankan Puasa Makan dan Minum Sebelum Nonton 'Avengers: Endgame'
Tak Seperti di Indonesia, Orang Prancis Tak Pernah Makan dan Minum di BioskopFoto: Istimewa
Rupanya hal seperti ini tidak pernah terjadi di bioskop yang berada di Prancis. Dikabarkan The Local (24/04), berbeda dengan budaya nonton bioskop di banyak negara, di mana para penonton membawa makanan, camilan, dan minuman saat nonton film.

Orang-orang di Prancis justru tidak suka makan dan minum ketika mereka berada di dalam bioskop. Banyak hal yang mempengaruhi kebiasaan ini, pertama dari pasar bioskop di Prancis tidak didominasi oleh perusahaan besar, hingga budaya yang berbeda.

Tak seperti di Amerika atau Indonesia, di Prancis kebanyakan bioskop dikelola secara lokal. Bioskopnya juga tidak sebanyak dan sebesar yang berada di Amerika. Makanan yang ditawarkan juga tidak sebanyak bioskop di negara lain.
Tak Seperti di Indonesia, Orang Prancis Tak Pernah Makan dan Minum di BioskopFoto: Istimewa
Meski begitu beberapa bioskop di Prancis masih menawarkan minuman alkohol, tapi sangat jarang menemukan penonton yang meminum bir sambil menonton film. Di Prancis, biasanya orang-orang akan meminum alkohol sebelum atau sesudah menonton film, tapi dalam jumlah sedikit.

Sementara bagi bioskop yang dikelola oleh perusahaan besar, mereka tetap menjual makanan dan minuman. Akan tetapi jarang orang Prancis yang menonton film sambil makan atau minum.

Bagi mereka, suara kunyahan, menyeruput minuman, hingga suara dari bungkus makanan bisa mengganggu penonton yang lain. Makan di dalam bioskop bisa dianggap sebagai hal yang kurang sopan di sana.
Tak Seperti di Indonesia, Orang Prancis Tak Pernah Makan dan Minum di BioskopFoto: Istimewa
Secara keseluruhan, orang Prancis memiliki budaya makan yang lebih sedikit dibandingkan negara Amerika dan lainnya. Karena mereka terkenal dengan konsep bahwa ada tempat dan waktu untuk semua hal, sehingga mereka lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas.

Sebelumnya akun Instagram @makassarinfo bagikan komentar netizen soal imbauan buang sampah pada tempatnya. Sebab banyak orang yang meninggalkan sampah di dalam di bioskop.

Baca Juga: Usai Nonton 'Avengers:Endgame' Tinggalkan Sampah Makanan, Ini Komentar Netizen

(sob/odi)