'Umami' hingga 'Ghost Pepper' Masuk 17 Kosa Kata Kuliner Baru Merriam-Webster

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 25 Apr 2019 17:25 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Kamus Merriam-Webster kembali menambah kosa kata makanan baru. Kosa kata tersebut dipilih lantaran sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Maret tahun lalu, Merriam-Webster resmi menambahkan sebanyak 850 kosa kata baru. Sebanyak 13 diantaranya kosa kata soal makanan yang sering digunakan sehingga tak asing ditelinga penikmat kuliner. Seperti 'Kombucha', 'Aquafaba', serta 'Poke'.

Kini kamus yang diterbitkan sebuah perusahaan asal Amerika Serikat itu kembali menambahkan sebanyak 640 kosa kata baru di mana 17 diantaranya berhubungan dengan makanan.

'Umami' hingga 'Ghost Pepper' Masuk 17 Kosa Kata Kuliner Baru Merriam-Webster Foto: Istimewa

Baca juga:Merriam Webster Tambahkan 11 Kata Makanan Baru di Kamusnya

Dikutip dari Food & Wine (24/4), tujuh belas kata yang ditambahkan itu antara lain 'Bay-rum Tree', 'Benedict', 'Bhut Jolokia' 'Chai Latte', 'Cheesemonger,' 'Cow Parsnip / Giant Cow Parsnip', 'Double-dip', 'Dulce de Leche', 'Ghost Pepper', 'Go-cup', 'Java', 'Mofongo', 'Steak (non-meat)', 'Umami', 'Pinot', 'Americano', dan 'Campari'.

Kata Mofongo sendiri merujuk pada hidangan Puerto Rico yang cukup populer. Hidangan tersebut berupa steak non daging. Seperti steak kembang kol, steak jamur, dan lainnya. Namun yang menarik ialah kata 'Umami'.

'Umami' hingga 'Ghost Pepper' Masuk 17 Kosa Kata Kuliner Baru Merriam-Webster Foto: Istock

Umami bisa diartikan sebagai cita rasa ke 5 setelah manis, asin, asam dan pahit yang terasa di lidah sebagai reseptor rasa. Umami sendiri memiliki arti 'gurih'. Kata ini sudah ditemukan lebih dari 100 tahun yang lalu di Jepang. Kata itu diambil dari kata umai yang berarti 'lezat' dan mi yang berarti 'rasa'.

Kata yang tak kalah menarik ialah 'Ghost Pepper'. Kata ini merujuk pada bahan makanan yang berasal dari Asia yakni cabai super pedas. Kata 'Bhut Jolokia' sebenarnya juga dikenal sebagai ghost pepper. Ini merupakan cabai hibrida interspesifik yang dibudidayakan di negara bagian India Timur Laut, Arunachal Pradesh, Assam, Nagaland dan Manipur.

'Umami' hingga 'Ghost Pepper' Masuk 17 Kosa Kata Kuliner Baru Merriam-Webster Foto: Istock

Dengan adanya kosa kata baru ini, penyebutan rasa ataupun hidangan yang ada bisa diucapkan dengan kata yang sama. Istilah dalam dunia kuliner pun kini makin banyak dan kaya. Hal ini tentunya terbentuk seiring dengan perkembangan bahasa.

Hal itu sesuai dengan tujuan pihak Merriam-Webster. "Pekerjaan kami sebagai ahli leksiklik adalah mengikuti perkembangan bahasa, mendefinisikan kata-kata yang sering ditemui orang," Jelas associate editor Merriam-Webster pada Food & Wine (18/9).

Baca juga: Merriam-Webster Kembali Tambahkan 13 Kata Makanan dalam Kamus Terbarunya (dwa/odi)