Tak Boikot Nasi Padang, Jokowi Lahap Makan Ayam Pop dan Daun Singkong

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 24 Apr 2019 15:06 WIB
Foto: Capres Jokowi di Grand Indonesia. (Alfons-detikcom) Foto: Capres Jokowi di Grand Indonesia. (Alfons-detikcom)
FOKUS BERITA Boikot Nasi Padang!
Jakarta - Meski boikot nasi Padang dipicu kekalahan Jokowi di Sumatera Barat, beliau justru doyan nasi Padang. Ada ayam pop hingga sayur singkong yang jadi favoritnya.

Ramai pembicaraan boikot nasi Padang di media sosial sepertinya tak mempengaruhi kecintaan Jokowi terhadap masakan dari ranah Minang ini. Ia terbukti beberapa kali menyantap nasi Padang di restoran favoritnya.

Akhir pekan lalu (20/4), ia bersama Erick Thohir dan Wishnutama menikmati makan siang dengan menu nasi Padang. Nampak Jokowi yang memakai kemeja putih duduk santai di foodcourt sebelum menikmati nasi plus ayam pop favoritnya.

Tak Boikot Nasi Padang, Jokowi Lahap Makan Ayam Pop dan Sayur SingkongJokowi saat makan nasi Padang di Grand Indonesia (Foto: Capres Jokowi di Grand Indonesia. (Alfons-detikcom)

Baca Juga: Presiden Jokowi Sering Sambangi Resto Jatim hingga Seafood di Jakarta

Penelusuran detikFood menemukan Jokowi bersantap di restoran Sari Ratu yang ada di lantai 5 Grand Indonesia. Diunggah akun resmi restoran, sariratukitchen, Jokowi memesan ayam pop, telur, dadar, dan sayur daun singkong untuk makan siang. Tak ketinggalan sambal sebagai pelengkap.

"Terima kasih sudah menyempatkan mencicipi hidangan kami hari ini Bapak Presiden pilihan rakyat @jokowi di Sari Ratu cabang @grandindo Selalu bersahaja dengan makanan favorit ayam pop, telur dadar, sayur daun singkong dan sambal🙏," tulis sariratukitchen.

Sebelumnya Jokowi juga beberapa kali mampir makan nasi Padang di Sari Ratu cabang Plaza Indonesia. Seorang pegawai restoran mengungkap ayah 3 anak ini paling suka ayam pop. Bahkan pilihan menu utama ini tak berubah sejak kunjungannya pertama kali saat ia menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Tak Boikot Nasi Padang, Jokowi Lahap Makan Ayam Pop dan Sayur SingkongMenu favorit Jokowi di Sari Ratu, ayam pop dan urap (Foto: dok. detikFood)


Ayam pop yang disukai Jokowi ternyata yang warnanya kecokelatan. Jenis ayam pop ini memang jadi andalan Sari Ratu. Warnanya tidak putih pucat karena ayam pop digoreng sebentar.

Yang juga unik adalah pelengkap ayam pop. Bukan sambal berwarna oranye melainkan sambal kecap manis yang agak encer. Jokowi juga melengkapi santapannya dengan urap dan sambal goreng ati.

Khusus urap, meski bukan menu asli Minang, olahan sayuran segar ini juga berpadu enak dengan nasi Padang. Urap buatan Sari Ratu diracik dari potongan kacang panjang, kol, tauge, bayam, dan daun kemangi segar. Pelengkapnya parutan kelapa berbumbu gurih manis yang menambah selera makan.

Tak Boikot Nasi Padang, Jokowi Lahap Makan Ayam Pop dan Sayur SingkongJokowi bersantap di RM Padang Medan Baru (Foto: dok. detikcom)

Baca Juga: Kisah Jokowi dan Megawati yang Jatuh Cinta dengan Ayam Pop Restoran Minang Ini

Jokowi juga pernah makan di restoran Garuda sebelum menghadiri debat capres. Jokowi tak sendiri, ia datang ke resto ini bersama keluarganya termasuk sang menantu, Bobby. Yang juga menarik perhatian ketika Jokowi bersantap di RM Padang Medan Baru.

Restoran di Sawah Besar ini menyajikan banyak menu Minang enak, namun yang jadi favorit Jokowi adalah gulai kepala kakap dan burung punai goreng. Ia mampir ke RM Padang Medan Baru usai meninjau Mekaar PNM di Kemayoran pada awal Januari 2019.

(adr/adr)
FOKUS BERITA Boikot Nasi Padang!