Rekomendasi Makan Siang

5 Resto Minang Ini Bakal Bikin Kamu Selalu Ketagihan Nasi Padang

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 24 Apr 2019 11:28 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
FOKUS BERITA Boikot Nasi Padang!
Jakarta - Siapa pun tak mungkin tergoda dengan sedapnya aroma rendang dan gulai yang enak. Ada beberapa resto Minang enak, kamu suka yang mana?

Pembicaraan soal boikot nasi Padang yang dikaitkan dengan kekalahan Jokowi-Ma'ruf versi Quick Count di Sumatera Barat masih ramai dibahas.

Membayangkan kalau nasi Padang diboikot, apakah masyarakat Indonesia tak akan kangen dengan aroma nasi Padang panas yang diaduk dengan bumbu rendang atau siraman kuah gulai?

Nah, bagi pecinta nasi Padang berikut ini ada beberapa resto yang punya rasa enak dan punya ciri khas sehingga berbeda dari resto Padang kebanyakan.

Baca juga: Kisah Jokowi dan Megawati yang Jatuh Cinta dengan Ayam Pop Restoran Minang Ini

1. Pagi Sore

5 Resto Minang Ini Bakal Bikin Kamu Selalu Ketagihan Nasi PadangFoto: Detikfood


Sudah berdiri sejak tahun 1973. Pagi Sore adalah rumah makan Padang yang punya cita rasa enak dengan sentuhan gaya Palembang yang memberi kesan unik.

Di Jakarta, Pagi Sore cabang Cipete dan Jeruk Perut jadi salah satu yang favorit dan ramai dikunjungi. Menunya sangat beragam, seperti rendang, gulai tunjang, ayam bakar, ayam pop, cincang hingga sate Padang.

Selain itu, ada juga menu andalan yang jadi favorit. Gulai kepala ikan yang disebut-sebut mirip Pindang Palembang. Gulainya terasa gurih dengan sentuhan asam yang pas. Dijamin bikin lapar!

Pagi Sore
Jalan Cipete Raya No. 2
Cilandak, Jakarta Selatan
Telp: 0217667000

2. Garuda

5 Resto Minang Ini Bakal Bikin Kamu Selalu Ketagihan Nasi PadangFoto: Istimewa

Restoran Minang yang satu ini menghadirkan konsep menu Minang-Melayu. Berdiri tahun 1976 di Medan, pendiri resto bernama H. Bakhtar ini kemudian membuka cabang di kota-kota besar seperti Hayam Wuruk.

Restoran Minang ini menawarkan 40 menu yang enak. Pilihannya ada ayam gulai, ayam saos, udang cucuk, sambal terong, ikan teri bilis hingga gulai otak.

Selain itu ada menu uniknya seperti kari kambing, dendeng brekele, kalio, rendang jengkol hingga sayur urap.

Garuda
Hayam Wuruk No. 105, Hayam Wuruk
Jakarta Pusat
Telp: 021 6262940

3. Bopet Mini

5 Resto Minang Ini Bakal Bikin Kamu Selalu Ketagihan Nasi PadangFoto: Detikfood


Disebut dengan masakan Minang paling enak se-Jakarta. Bopet Mini yang berada di Bendungan Hilir ini sudah ada sejak tahun 1980-an.

Uniknya, di resto ini kamu bisa menikmati makanan Minang dengan cara prasmanan. Menunya hampir sama dengan resto Padang lainnya. Namun ada beberapa tambahan yaitu ketupat sayur, bubur kampiun, ketan sarikaya hingga lupis.

Bopet Mini
Jl. Raya Bendungan Hilir Kav. IA
(Samping Pasar Bendungan Hilir)
Bendungan Hilir
Jakarta Selatan
Telp: 021-5713505

4. Surya

5 Resto Minang Ini Bakal Bikin Kamu Selalu Ketagihan Nasi PadangFoto: detikFood

Resto Minang yang satu ini terkenal dengan rendangnya yang enak. Restoran ini cukup legendaris dan sudah berdiri sejak tahun 1970. Lokasinya ada di Bendungan Hilir, kalau ke sini jangan lupa mampir cicip rendangnya ya.

Daging rendangnya empuk dengan paduan bumbu mlekoh khas Minang. Selain rendang, ada juga lauk lain seperti ayam bakar, kalio hati sapi, telur dadar, paru goreng, dendeng kering, gulai kacang panjang, dan gulai kikil.

Rumah Makan Surya
Jl. Bendungan Hilir No. 5
Jakarta Pusat
Telp: 021 5731474
HP: 081310032485
Jam buka: 07.00-21.30 WIB

5. Nasi Kapau Pak Ciman

5 Resto Minang Ini Bakal Bikin Kamu Selalu Ketagihan Nasi PadangFoto: Lusiana Mustinda/detikFood

Berbeda dengan nasi Padang biasa, nasi Kapau dibuat oleh orang asli Kapau yaitu sebuah nagari (desa) di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Lauk-lauk khas Kapau disusun dalam baskom dengan posisi etalase lebih rendah dari si penjual sehingga atraksi penjual menyendoki lauk jadi keunikan tersendiri.

Nasi Kapau Pak Ciman merupaka restoran khas Kapau yang bisa dicoba. Menunya ada gulai tambusu, gulai kepala ikan, gulai tunjnag hingga telur dadar barendo. Pilih sendiri menunya dan pelayan akan ambilkan lauk dengan bantuan centong kayu bergagang panjang.

Kedai Pak Ciman
Bintaro Avenue
Jl. MH Thamrin Blok A02 -1 SCBD
Sektor 7, Bintaro
Tangerang Selatan
Telp: (021) 22215800

Nah dari kelima restoran Minang ini manakah yang paling kamu suka? Yuk, beri komentar di bawah!

Baca juga: Kedai Pak Ciman: Lamak Bana! Nasi Kapau Gulai Tambusu dan Tunjang (lus/odi)
FOKUS BERITA Boikot Nasi Padang!