Seafood ala Restoran

Cajun hingga Salted Egg, Varian Saus Kekinian untuk Seafood

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 23 Apr 2019 13:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Seafood ala Restoran
Jakarta - Bukan hanya saus Padang atau asam manis, resto seafood kini memakai varian saus Barat yang kekinian. Mulai dari cajun hingga salted egg yang enak dipadu ragam seafood.

Kepiting, lobster, udang, hingga kerang paling enak disantap dengan baluran saus. Variannya beragam mulai dari yang manis, gurih, sampai super pedas. Kalau saus Padang atau asam manis ala Indonesia sudah biasa, beberapa resto seafood kini menggunakan racikan saus ala Barat yang lebih modern. Berikut 5 diantaranya.

1. Cajun

Cajun hingga Salted Egg, Varian Saus Kekinian untuk SeafoodFoto: iStock/dok. detikFood

Foto: iStock
Cajun spices atau bumbu cajun adalah salah satu bumbu seafood kekinian yang populer. Bumbu cajun merupakan rempah khas dari Lousiana, Amerika Serikat yang terkenal dengan olahan masakan Cajun (Prancis-Kanada). Bumbu ini diracik dari campuran paprika, bawang putih bubuk, bawang bubuk, merica hitam, cayenne, oregano dan thyme.

Paduan rempah tersebut menghasilkan aroma wangi dengan semburat rasa pedas. Bumbu cajun jamak dijual dalam bentuk siap pakai sehingga lebih praktis. Biasanya berbentuk bubuk dalam kemasan botol. Kepiting dan lobster paling enak diolah dengan bumbu ini.

2. Garlic butter

Cajun hingga Salted Egg, Varian Saus Kekinian untuk SeafoodFoto: iStock/dok. detikFood

Foto: dok. detikFood
Paduan rasa gurih mentega dan bawang putih disukai banyak orang. Karenanya banyak resto seafood menghadirkan saus garlic butter yang diracik dari mentega dan bawang putih sebagai bahan utamanya. Saus ini juga populer dipadukan dengan steak.

Kunci kelezatan dari saus berwarna putih keruh ini adalah pemakaian bawang putih segar dan mentega berkualitas baik. Cita rasa garlic butter disempurnakan dengan tambahan bubuk bawang putih, air lemon, dan garam. Salah satu seafood yang paling enak dipadu saus ini adalah kerang.

3. Peri-peri

Cajun hingga Salted Egg, Varian Saus Kekinian untuk SeafoodFoto: iStock/dok. detikFood

Foto: iStock
Saus peri-peri punya karakter rasa pedas dan asam yang enak diolah bersama ragam seafood. Peri-peri sendiri merupakan jenis cabai yang pertama kali dibawa ke Goa, India oleh masyarakat Portugis.

Dari cabai tersebut, tercipta saus sambal khas Portugis bernama peri-peri sauce. Karena kepopuleran saus ini, masyarakat dunia seperti Angola, Namibia, dan Afrika Selatan meracik saus peri-peri yang biasanya dibuat dari cabai, kulit jeruk, bawang bombay, bawang putih, lada, garam, air lemon, paprika, basil, oregano, hingga taragon.

Baca Juga: Mantap! Enaknya Makan Lobster Murah Meriah di 5 Tempat Ini

4. Salted egg

Cajun hingga Salted Egg, Varian Saus Kekinian untuk SeafoodFoto: iStock/dok. detikFood

Foto: iStock
Salted egg sauce atau saus telur asin dari Singapura begitu populer di Indonesia. Hal ini terlihat dari tren rice bowl dengan lauk ikan dori saus telur asin yang punya banyak penggemar. Tak heran beberapa resto seafood menghadirkan saus manis gurih ini sebagai salah satu pilihan saus mereka.

Saus telur asin diracik dari kuning telur rebus, mentega tawar, susu full cream, gula pasir, garam, dan sedikit bubuk cabai. Penggunaan kuning telur rebus yang sudah dihaluskan membuat tekstur saus ini kental dan masih menyisakan sedikit tekstur kuning telur yang kasar.

Baca Juga: Punya Kentang Goreng? Buatkan Saja Saus Telur Asin yang Gurih Enak

5. Lemon

Cajun hingga Salted Egg, Varian Saus Kekinian untuk SeafoodFoto: iStock/dok. detikFood

Foto: Instagram cut_the_crab_official
Selain gurih dan pedas, banyak orang juga menyukai rasa asam. Beberapa restoran menyajikan saus lemon sebagai pendamping seafood. Cita rasanya asam segar sehingga bisa melengkapi seafood yang terkadang masih meninggalkan sedikit aroma atau rasa amis.

Saus lemon diracik dari perasan jeruk lemon dan mentega sebagai bahan utamanya. Ada juga tambahan krim segar, bawang, dan parutan kulit lemon yang menyempurnakan cita rasa saus ini.

(adr/adr)
FOKUS BERITA Seafood ala Restoran