Supaya Tak Cepat Busuk, Jangan Cuci Buah Stroberi Sebelum Disimpan

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 22 Apr 2019 18:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Stroberi punya warna cantik dan rasa asam segar. Bisa dimakan langsung atau dijadikan dessert. Ada beberapa trik yang harus dilakukan saat menyimpan buah ini.

Buah kecil berwarna merah ini memang disukai banyak orang. Stroberi sering digunakan sebagai bahan untuk membuat kue, selai, jus, es krim ataupun dikonsumsi secara langsung. Buah stroberi yang memiliki rasa asam dan manis ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Banyak orang menyukai buah ini karena rasanya yang segar. Buah ini juga mengandung tinggi vitamin C yang bisa mencegah sariawan, tingkatkan sistem imun dan membantu cerahkan kulit.
Supaya Tak Cepat Busuk, Jangan Cuci Buah Stroberi Sebelum DisimpanFoto: iStock

Buah stroberi hanya kuat di simpan dalam kulkas seminggu setelah membelinya. Nah, agar kesegaran stroberi bisa tahan lama, penting untuk mengetahui cara penyimpanan yang benar dan tepat.

Pastikan Anda menyimpannya di tempat yang bersuhu dingin, seperti kulkas. Dan bagaimana caranya supaya buah stroberi bisa bertahan sampai seminggu atau lebih?

Sebelum Anda menyimpan stroberi yang Anda punya, ikuti trik ini untuk menjaga stroberi tetap segar dalam waktu yang lama. Seperti yang telah dilansir dalam Taste of Home Test Kitchen:

Baca Juga: Strawberry Ini Viral Karena Punya Bentuk yang Unik dan Seksi

1. Pilih stroberi

Saat membeli stroberi, cari buah yang paling wangi dari yang lainnya. Cari stroberi yang masih berwarna cerah dan tampak segar tanpa bintik-bintik memar.

Supaya Tak Cepat Busuk, Jangan Cuci Buah Stroberi Sebelum DisimpanFoto: iStock

2. Jangan dicuci

Cucilah stroberi ketika Anda hendak memakannya. Stroberi akan tetap segar lebih lama jika tidak dicuci ketika disimpan dalam lemari es. Letakan di dalam stoples kaca tertutup lalu letakan di dalam kulkas.

Kalau dicuci, stroberi akan menyerap air dari sisa cucian. Hal ini dapat membuat stroberi lebih cepat layu, bahkan dapat mengakibatkan stroberi berjamur.

Anda bisa menyimpan stroberi dalam kulkas, bisa juga letakan di dalam laci rak buah di kulkas. Laci ini dapat mengontrol kelembapan, jadi stroberi tidak cepat mengering.

Untuk mencegah stroberi jadi terlalu lembab, selipkan handuk kertas ke dalam wadah penyimpanan stroberi untuk menyerap kelembapan berlebih.

Cara terbaik untuk mencegah stroberi rusak adalah dengan menikmati stroberi selagi masih segar. Jika Anda ingin langsung memakan buah stroberi, cukup letakan pada suhu kamar.

Baca Juga: Strawberry yang Manis Asam Punya 8 Manfaat Sehat Ini (lus/lus)