Gara-gara Tulang Ikan Nyangkut di Tenggorokan, Wanita Ini Telan Sendok!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 18 Apr 2019 15:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Nasib malang menimpa seorang wanita di China. Di tenggorokannya bersarang sendok berukuran 13 cm gara-gara ia ingin mengambil tulang ikan yang nyangkut!

Dokter di Shenzen, China baru saja melakukan endoskopi darurat untuk mengeluarkan sendok besi dari usus seorang wanita bernama Lily. Diketahui sendok itu berukuran sekitar 13 cm.

Sendok itu bisa masuk ke pencernaan Lily karena ia tak sengaja menelannya pada 5 April 2019. Ia coba mengeluarkan tulang ikan yang nyangkut dengan sendok tersebut, namun sendok tak sengaja terlepas dari tangannya sehingga berakhir tertelan.

Gara-gara Tulang Ikan Nyangkut di Tenggorokan, Wanita Ini Telan Sendok!Foto: iStock/Telegraph

Baca Juga: Telan Sendok Demi Taruhan, Sendok Tersangkut di Tenggorokan Selama Setahun

Parahnya lagi, Lily tak langsung ke rumah sakit usai kejadian ini. Ia baru ke rumah sakit 4 hari setelahnya karena mengaku tak merasa sakit apa pun. Lily juga tak mau mengorbankan acaranya pergi ke Qingming Festival kalau harus ke dokter untuk keluarkan sendok.

Dikutip dari Oddity Central (18/4), Lily akhirnya menyambangi Shenzen Nanshan Hospital. Pihak dokter langsung meminta Lily foto X-ray. Terlihat jelas bahwa ada sendok bersarang di usus duabelas jarinya.

"Karena sendok berada dalam posisi agak horizontal, kami dengan hati-hati menyesuaikannya sebelum menariknya keluar secara vertikal," kata Dr Sun Tingji yang menangani Lily. Sendok logam itu telah menyebabkan pembengkakan dan erosi pada usus duabelas jari Lily, tetapi dokter dapat mengeluarkannya.

Gara-gara Tulang Ikan Nyangkut di Tenggorokan, Wanita Ini Telan Sendok!Foto: Istimewa

Setelah perawatan, diharapkan kondisi Lily segera pulih sehingga ia bisa segera jalani aktivitas. Sebelum Lily, kisah wanita menelan sendok juga terjadi di China.

Kejadian bermula saat Wang asyik melahap semangkuk mie. Dokter membutuhkan waktu dua jam untuk menemukan posisi sendok dalam perut Wang lewat endoskop. Setelah ditemukan, sendok berukuran 15 cm tersebut 'ditarik' menggunakan kawat medis yang dilekatkan pada alat khusus.

Baca Juga: Wah, Wanita Ini Tak Sengaja Telan Sendok Sepanjang 15 Cm!

(adr/odi)