Rekomendasi Tempat Makan

Sederhana hingga Mewah, Ini 5 Tempat Makan Langganan Politisi di Menteng

Devi Setya - detikFood Sabtu, 13 Apr 2019 15:45 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Kawasan Menteng, Jakarta Pusat memang dikenal sebagai surganya kuliner favorit para politisi. Ada yang sederhana hingga mewah dan mahal.

Banyak politisi memiliki rumah dan tinggal di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Hal ini yang membuat beberapa tempat makan menjadi langganan para politisi.

1. Bakso Cendana
Sederhana hingga Mewah, Ini 5 Tempat Makan Langganan Politisi di Menteng Foto: Devi S. Lestari / detikFood

Penjual bakso di jalan Cendana, Menteng ini jadi saksi kalau dahulu Soeharto menjadi pelanggan setia baksonya. Semangkuk bakso dengan bihun jadi menu andalan yang kerap disantap presiden Indonesia ke-2 ini.

Hingga kini Bakso Cendana masih eksis dan berjualan di pelataran salah satu rumah milik keluarga Soeharto. Selain jadi santapan sendiri, dahulu Soeharto kerap menyuguhkan bakso ini untuk para tamu undangannya.

2. Bakmi Jawa Pak Minto
Sederhana hingga Mewah, Ini 5 Tempat Makan Langganan Politisi di Menteng Foto: detikFood

Kedai bakmi yang ada di dekat Stasiun Gondangdia ini sudah ada sejak 1980-an. Kedainya sederhana jauh dari kata mewah tapi pelanggannya bukan orang biasa.

Bakmi racikan Pak Minto nyatanya mampu membuat lidah Soeharto hingga Megawati ketagihan. Selain bakmi jawa, kedai ini juga menawarkan nasi goreng, mie godog dan menu lain yang rasanya klasik tapi ngangeni.

3. Sate Kambing Jaya Agung
Sederhana hingga Mewah, Ini 5 Tempat Makan Langganan Politisi di Menteng Foto: Devi S. Lestari / detikFood

Kios sate kambing yang ada di dekat Jalan Sabang ini juga tak luput dari selera para politisi. Sate ini juga terbilang legendaris karena sudah ada sejak 1963.

Para politisi juga kerap mampir untuk makan siang di kedai ini. Pemiliknya bahkan mengatakan dahulu Ali Sadikin jadi salah satu pelanggan tetap kedai sate ini.

Baca juga : Sate Kambing Jaya Agung : Nyuus! Gurihnya Sate Kambing Legendaris 53 Tahun

4. Cahaya Kota
Sederhana hingga Mewah, Ini 5 Tempat Makan Langganan Politisi di Menteng Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Kalau mau mencicip makanan favorit Presiden Soekarno bisa datang ke Restoran Cahaya Kota. Di sini ada menu favorit presiden RI pertama yakni mie goreng dan ayam goreng mentega.

Cahaya Kota merupakan salah satu restoran chinese yang terkenal legendaris, lokasinya ada di dekat Stasiun Gondangdia Menteng. Citarasa yang terjaga membuat restoran ini tetap jadi idola.

5. Plataran Menteng
Sederhana hingga Mewah, Ini 5 Tempat Makan Langganan Politisi di Menteng Foto: Plataran Menteng Jakarta

Restoran yang berkesan mewah ini ada di Jl. HOS. Cokroaminoto, Gondangdia, Jakarta Pusat. Lokasinya yang strategis membuat resto ini kerap disambangi para politisi.

Deretan politisi mulai dari Jokowi, Ma'ruf Amin hingga Megawati pernah menyantap makanan di resto ini. Beberapa makanan andalan di resto ini antara lain udang gandum, tahu jamur, ayam panggang hingga sayur tujuh rupa.

Baca juga : Cahaya Kota: Menyantap Menu Favorit Bung Karno di Resto Legendaris (dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com