Momen Kulineran Politisi

Ini Makanan Kesukaan Para Menteri Wanita di Kabinet Kerja Jokowi

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 09 Apr 2019 19:08 WIB
Foto: Instagram dan Twitter Susi Pudjiastuti Foto: Instagram dan Twitter Susi Pudjiastuti
Jakarta -
Siapa yang tidak mengenal sosok Susi Pudjiastuti, Rini Soemarno hingga Sri Mulyani. Mereka merupakan beberapa menteri wanita yang ada dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. Mereka punya makanan favorit yang selalu bisa manjakan seleranya.

Berikut makanan favorit 5 menteri wanita Republik Indonesia.

1. Susi Pudjiastuti

Ini Makanan Kesukaan Para Menteri Wanita di Kabinet Kerja JokowiFoto: Instagram Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memang gemar makan ikan. Jargon andalannya saja "Tidak makan ikan, saya tenggelamkan". Tidak heran di beberapa kesempatan, menteri bergaya nyentrik ini kedapatan memakan ikan.

Dari sekian banyak momen makan ikan, ada dua momen yang pasti diingat masyarakat luas. Pertama saat dirinya mendapat mangut ikan manyung dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada bulan Agustus 2018. Mangut ikan manyung itu didapat berkat cuitan Ganjar yang kemudian dibalas oleh Susi Pudjiastuti.

Kedua, gaya makan a la warteg saat ia melahap olahan ikan yang didapat dari nelayan Pengambengan, Jembrana, Bali sebagai sarapan. Hal itu terjadi pada bulan Oktober 2018. Saat itu ia mengenakan kaus lengan panjang dan bergaya kasual serta duduk dengan satu kaki naik ke atas kursi. Persis gaya makan orang di warteg.

Baca juga: Begini Gaya Nyentrik Susi Pudjiastuti Saat Sarapan Ikan Lemuru di Bali

2. Puan Maharani

Ini Makanan Kesukaan Para Menteri Wanita di Kabinet Kerja JokowiFoto: detik.com

Berbeda dengan Susi Pudjiastuti, Puan Maharani justru penyuka jamu dan bubur ayam. Kabarnya ia dibiasakan minum jamu sejak kecil. Bahkan Puan bisa menelan jamu dengan rasa yang paling pahit.

Selain jamu, Puan juga penyuka bubur ayam. Kecintaan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu pada bubur ayam terlihat dalam salah satu sesi olahraga bersama di Monas. Saat itu Puan terlihat asyik menyantap bubur ayam yang dijual seorang pedagang kaki lima di sana.

Puan menyukai bubur ayam yang ditambah dengan ekstra kecap sehingga rasanya jadi lebih manis dan gurih. Tak hanya bubur ayam dengan ekstra kecap, ada lagi menu sarapan Puan yang tak kalah enak, yaitu kerak telor.

Hal itu terlihat di hari pemilihan Gubernur Jakarta pada tahun 2017. Usai Puan dan Megawati memberikan suara, mereka mampir ke penjual kerak telor yang ada di dekat TPS. Kerak telor itu jadi menu santap pagi keduanya.

3. Rini Soemarno

Ini Makanan Kesukaan Para Menteri Wanita di Kabinet Kerja JokowiFoto: Istimewa

Rujak jadi camilan favorit Menteri BUMN Rini Soemarno. Di beberapa kesempatan, menteri yang dilantik pada 27 Oktober 2014 ini kedapatan membeli rujak di penjual rujak gerobakan.

Contohnya saja saat menghadiri acara HUT BUMN 2018 di Cikalong Wetan, Bandung. Saat itu Rini Soemarno rela berdesakkan demi mendapat seporsi rujak buah di dalam sebuah gelas plastik.

Selain buah-buahan yang ada dalam rujak potong, wanita kelahiran Mayland, Amerika Serikat itu juga menyukai durian. Di salah satu kunjungan kerjanya, Rini terlihat asyik melahap buah beraroma tajam itu.


4. Sri Mulyani

Ini Makanan Kesukaan Para Menteri Wanita di Kabinet Kerja JokowiFoto: Instagram smindrawati

Menteri Keuangan yang baru dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik Asia Pasifik 2019 versi FinanceAsia itu kerap membagikan momen kulinerannya di media sosial. Dari sana diketahui bahwa ia penyuka sajian tradisional seperti gudeg hingga nasi pecel.

Sebab Gudeg Yu Djum Pusat, Yogyakarta jadi menu sarapan pilihan wanita berusia 56 tahun itu pada 15 Februari lalu. Warung gudeg itu memang amat populer. Di sana ia melihat langsung proses pembuatan gudeg dan lauk pauk yang masih diolah menggunakan metode tradisional.

Pada pertengahan 2018, wanita berkacamata ini kedapatan mampir ke Depot Nasi Pecel 99 Madiun, Jawa Timur. Tak sendirian, Sri Mulyani ditemani jajaran pemerintahan lainnya dan menggelar rapat koordinasi.

Mereka menikmati nasi plus pecel yang terdiri dari kacang panjang, kecambah, bayam, daun pepaya, kemangi dan kerupuk. Sayuran lalu disiram sambal pecel racikan khas dan ditaburi serundeng.

5. Yohana Susana Yembise

Ini Makanan Kesukaan Para Menteri Wanita di Kabinet Kerja JokowiFoto: dok. Kemen PPPA

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise amat menyukai sajian khas kampung halamannya. Kabarnya ia amat menyukai papeda dan sajian ikan laut segar khas Papua.

Papeda sendiri merupakan sajian yang terbuat dari sagu dan dicampur dengan air mendidih. Bisa dibilang papeda adalah 'nasi'nya masyarakat Papua. Sebab makanan dari bumi cendrawasih itu biasa dilahap dengan berbagai lauk pendamping. Biasanya berbahan ikan, paling populer ikan Bobara dengan siraman kuah asam.

Tak heran kalau menteri wanita asal Papua pertama itu amat menyukai papeda dan olahan ikan. (dwa/odi)