Resep Saus Mentai yang Creamy Enak dan Gampang Dibuat

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 09 Apr 2019 14:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Bosan dengan saus mayo biasa. Anda bisa membuat saus mayonnaise dengan paduan mentaiko. Enak dinikmati dengan dim sum hingga salad sayuran.

Mayonnaise atau mayo yang berwarna putih dibuat dengan campuran kuning telur yang dikocok dengan minyak zaitun sampai menghasilkan tekstur creamy. Ditambah dengan air jeruk, merica dan garam. Kalau malas membuatnya sendiri, Anda bisa membeli saus mayonnaise dalam kemasan botol.

Resep Saus Mentai yang Creamy Enak dan Gampang DibuatFoto: iStock

Di Jepang, saus mayonnaise dibuat agak berbeda. Mentaiko merupakan telur ikan Pollock Roe yang diolah dengan campuran saus mayonnaise.

Resep Saus Mentai yang Creamy Enak dan Gampang DibuatFoto: iStock

Orang Jepang biasanya mencampurkan nasi putih hangat dengan mentaiko. Ochazuke juga sering ditambah dengan cod roe atau telur ikan cod. Ochazuke merupakan masakan Jepang yang terdiri dari nasi, taburan lauk yang disiram dengan teh hijau panas

Baca Juga: Mayonnaise Bisa Bikin 10 Makanan Ini Jadi Makin Gurih Enak

Mentaiko mayonnaise atau sering disebut saus mentai sangat populer untuk untuk topping sushi, shirataki, pasta, baked rice, dim sum hingga salad sayuran.

Cara membuat saus mentai mayonnaise ini ternyata sangat mudah. Berikut ini tiga cara mudah untuk membuat saus mentai mayonnaise di rumah.

1. Potong kulit bagian luar mentaiko atau telur cod roe. Keluarkan bagian dalamnya.
2. Tuangkan mayonnaise ke dalam telur cod roe.
3. Aduk rata dengan sumpit
4. Saus mentai mayonnaise, siap dimakan.

Resep Saus Mentai yang Creamy Enak dan Gampang DibuatFoto: iStock


Saus mentai merupakan saus serbaguna yang dapat digunakan sebagai campuran makanan. Mulai dari nasi putih, roti bakar dan juga cocolan gorengan hingga salad sayuran segar.

Baca Juga: Wah Ternyata 5 Makanan Jepang Ini Tampilannya Mirip Makanan Indonesia (lus/lus)