Mayonnaise Bisa Bikin 10 Makanan Ini Jadi Makin Gurih Enak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 15 Jan 2018 14:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Mayo atau mayonnaise bukan sekedar untuk saus salad. Berbagai makanan ternyata jadi makin enak diolesi atau diisi mayonnaise. Ini buktinya!

Saus berwarna putih creamy ini dibuat dari kuning telur dan minyak olive yang dikocok hingga creamy. Dibubuhi air jeruk, merica dan garam. Olahan saus ini sudha populer dijual dalam bentuk siap pakai dalam kemasan botol.

Situs Buzzfeed (12/1) membagikan tips dan pengalaman memanfaatkan mayonnaise untuk membuat makanan ini jadi makin lezat. Mungkin tak pernah Anda duga sebelumnya. Mau coba?

1. Tambahkan dalam adonan cake agar lebih lembap

Karena dibuat dari kuning telur maka mayo akan memberi rasa lembut enak pada kue. Selain dicampurkan dalam adonan, dengan mengganti telur dalam resep dengan mayo, bisa dipakai juga untuk olesan cake. Dicampur dengan cream cheese rasanya juga lembut gurih.

Mayonnaise Bisa Bikin 10 Makanan Ini Jadi Makin Gurih EnakFoto: iStock

2. Oleskan pada ikan yang akan dibakar

Chef Michael Cimarusti membrikan tipsnya untuk mengolesi beragam ikan potongan atau utuh dengan mayonaisse sebelum dibakar.

Lapisan mayonnaise akan membuat ikan tak mudah gosong dan memberi kerak yang gurih enak.

3. Memberi warna keemasan pada roti panggang

Biasanya roti panggang diolesi dengan mentega agar warnanya kuning keemasan. Untuk hasil yang lebih bagus, olesi saja dengan mayonnaise.

Hasilnya bagian luar roti akan kuning keemasan dan renyah rasanya. Apalagi jika rotinya diisi dengan keju leleh.

Mayonnaise Bisa Bikin 10 Makanan Ini Jadi Makin Gurih EnakFoto: iStock

4. Tambahkan pada mashed potatoes

Umumnya mashed potatoes ditambahkan dengan krim kental agar rasanya lebih gurih creamy. Cobalah ganti dengan mayonnaise botolan. Teksturnya lebih lembut dan rasanya lebih creamy gurih.

5.Oleskan pada ayam sebelum dipanggang

Mayonnaise sangat cocok untuk olesan ayam sebelum dipanggang. Akan emmberi warna kuning keemasan dan kulit yang renyah garing.

Mayonnaise Bisa Bikin 10 Makanan Ini Jadi Makin Gurih EnakFoto: ilustrasi/thinkstock

6. Untuk lapisan fillet ayam

Mau bikin fillet ayam goreng tepung? Kalau biasanya Anda melapisi dengan tepung terigu, telur dan tepung roti, cobalah ganti dengan mayoonaise. Lapisan mayo akan bikin tepung roti melekat sempurna pada daging ayam. Jika digoreng juga akan berwarna kuning keemasan.

7. Untuk olesan garlic bread

Biasanya garlic bread diolesi mentega dan bawang putih parut. Campurkan mayo dengan keju parut lalu oleskan pada potongan roti atau pita breas dan panggang hingga kering. Rasa roti lebih renyah dengan aksen creamy yang enak.

Mayonnaise Bisa Bikin 10 Makanan Ini Jadi Makin Gurih EnakFoto: iStock

8. Membuat burger lebih lembut

Jika akan membuat burger dengan sedikit lemak, selain menambahkan lemak daging Anda bisa menambahkan mayonnaise. Selain membuat burger jadi lebih juicy rasanya juga jadi lebih gurih enak.

9. Jadi bumbu perendam yang praktis

Selain mengandung lemak, mayonnaise juga mengandung asam sehingga cocok untuk merendam ayam atau daging. Tinggal menambahkan bumbu, bawang putih dan garam sehingga menjadi lebih enak.

Mayonnaise Bisa Bikin 10 Makanan Ini Jadi Makin Gurih EnakFoto: Daily Mail

10. Tambahkan pada scrambled eggs

Mentega dan susu segar bisa membuat scrambled eggs lebih gurih enak. Cobalah ganti dengan mayonnaise untuk mendapatkan rasa yang lebih lembut, creamy dan gurih. (lus/odi)