Tak Pernah Naik Harga Hampir 20 Tahun, Kedai Mie Ini Jual Pangsit Rp 350 Perak!

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 06 Apr 2019 10:48 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Meski biaya hidup semakin tinggi, restoran mie ini justru tak pernah menaikkan harga makanannya selama hampir 20 tahun. Harga satu buat pangsitnya saja hanya sebesar 350 perak!

Kedai wantan mie milik Gan Seng Lean pasti punya banyak pelanggan tetap. Pasalnya pria berusia 85 tahun itu tidak pernah menaikkan harga wantan mee buatannya selama hampir 20 tahun.

Wantan mee sendiri merupakan mie asal China yang populer di Hong Kong, Singapura, dan Malaysia. Di sini sajian itu lebih populer dengan nama mie wonton.

Tak Pernah Naik Harga Hampir 20 Tahun, Kedai Mie Ini Jual Pangsit Rp 350 Perak! Foto: Istimewa


Mie ini diracik dari paduan mie Hokkien dan wonton (pangsit) yang disiram dengan kuah kaldu serta daging cincang. Jangan tanya soal pengalaman Gan dalam membuat wantan mee.

Sebab Gan sudah mulai membuat wantan mee sejak berusia 15 tahun. Jika dihitung, ia sudah mengabdikan hidupnya selama 70 tahun untuk membuat sajian lezat khas Kanton itu.

Alasan Gan tidak menaikkan harga wantan mee buatannya ialah lantaran dirinya tak memiliki kewajiban untuk membayar pekerja. Itu karena Gan dibantu sang istri untuk menjual wantan mee.

Tak Pernah Naik Harga Hampir 20 Tahun, Kedai Mie Ini Jual Pangsit Rp 350 Perak! Foto: Istimewa

"Saya tidak perlu mencari pekerja karena istri saya membantu saya dan saya berjualan di rumah saya sendiri jadi saya tidak perlu membayar uang sewa tempat," tutur Gan pada The Star (3/2).

Dirinya juga sempat berujar bahwa wantan mee buatannya merupakan wantan mee termurah yang ada di wilayah Penang. Hal itu ia tuturkan empat tahun silam pada The Star.

"Saya berani mengatakan bahwa wantan mee buatan saya merupakan wantan mee termurah di Penang. Saya sudah menjual wantan mee dengan harga yang sama sejak 15 tahun yang lalu," jelasnya.

Seporsi wantan mee dalam mangkuk kecil yang berisi enam buah pangsit hanya dibanderol sebesar 2.50 ringgit Malaysia atau hampir sebesar Rp 9 ribu. Sedangkan untuk wantan mee ukuran besar yang berisi delapan buah pangsit hanya dibanderol sebesar 3 ringgit Malaysia atau sekitar Rp 10 ribu an.

Tak Pernah Naik Harga Hampir 20 Tahun, Kedai Mie Ini Jual Pangsit Rp 350 Perak! Foto: Istimewa

Selain memiliki jumlah pangsit yang lebih banyak, wantan mee ukuran besar juga berisi mie hokkian sebanyak dua kali lipat dibanding yang ada dalam porsi kecil. Dari harga yang ditetapkan itu diketahui bahwa satu buah pangsit hanya dijual sebesar Rp 350 perak. Selain murah, para pembeli bisa memilih pangsit rebus ataupun goreng.

Dilaporkan World of Buzz (3/4), Gan masih memanjakan selera penggemar wantan mee buatannya. Meski hanya memiliki beberapa meja santap, kedai wantan mee mikik Gan tak pernah sepi pengunjung.

Jika ingin mencicip wantan mee buatan Gan, Anda cukup datang ke jalan Lembah Permai, Tanjung Bungah, Penang. Gan membuka kedainya mulai dari pukul 9:00 pagi hingga 11:00malam.




Simak Juga 'Haru! Kisah di Balik Viralnya Penjual Mie Ayam Rp 2.000 Sragen':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)