Ini 12 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membuat Pancake

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 03 Apr 2019 06:14 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Membuat pancake memang terlihat sangat mudah. Padahal banyak orang yang sering melakukan kesalahan saat membuat pancake sehingga permukaannya gosong dan keras.

Makanan ini mudah dibuat karena hanya menggunakan beberapa bahan. Tetapi yang terlihat sederhana dari segi bahan dan cara bikinnya, ternyata hasilnya jauh dari ekspektasi. Bahkan saat kita sudah pakai adonan instan yang banyak dijual di supermarket, tetap saja gagal dan tidak sama dengan gambar di kemasannya.

Jangan putus asa dulu karena seperti yang dirangkum dari Mashed, berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam membuat pancake.

Baca Juga: Ini Caranya Agar Pancake Lebih Lembut Mengembang

1. Menggunakan bahan di bawah standar

Dalam membuat makanan yang hanya membutuhkan sedikit bahan, Anda harus menggunakan bahan yang berkualitas, lalu pakai tepung terigu dan mentega yang baru. Karena mentega yang sudah terlalu lama akan beraroma tengik. Untuk soda kue gunakan yang masih aktif, yang di bawah 6 bulan masa simpannya. Dan untuk bahan basah gunakan buttermilk.

2. Mengaduk adonan

Ternyata semakin banyak Anda mengaduk adonan pancake, maka semakin banyak Anda menghasilkan gluten dalam tepung, dan akan menghasilkan pancake yang keras. Cukup campurkan bahan-bahan Anda sampai semuanya tercampur dan tidak ada lapisan tepung yang terlihat atau meninggalkan gumpalan yang tersisa. Jangan khawatir apabila adonan pancake kental, karena saat dimasak adonan akan kembali normal.

Ini 12 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membuat PancakeFoto: Istimewa

3. Mempersiapkan adonan terlebih dahulu

Jangan membuat adonan terlebih dahulu saat ingin membuat pancake. Anda jangan membuat adonan sehari sebelumnya ataupun sejam sebelumnya. Sebaiknya adonan jadi beberapa saat sebelum pancake dimasak. Karena adonan pancake membutuhkan waktu sekitar lima menit, jadi cobalah untuk mulai menyiapkan bahan ketika Anda siap untuk memasaknya.

Karena bahan yang disimpan lama sebelum ingin dimasak, akan bekerja kurang efektif sehingga pancake jadi kenyal atau keras teksturnya.

4. Menambahkan terlalu banyak isian

Jika Anda ingin memasak pancake dengan topping berry dan cokelat, maka pastikan Anda tidak menaruh terlalu banyak berry atau cokelat. Menaruh terlalu banyak isian akan membuat adonan tidak menyatu dan rasa pancake jadi kalah dengan rasa isiannya.

Ini 12 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membuat PancakeFoto: shutterstock

5. Tidak mendiamkan adonan

Meskipun Anda tidak boleh meninggalkan adonan selama satu jam sebelum dimasak, sebaiknya ada yang di sisihkan ke mangkuk sekitar lima menit. Karena dengan memberikan istirahat ke adonan dalam beberapa menit, maka kemungkinan gluten dalam campuran adonan akan rileks dan menghindari pancake yang kenyal.

6. Menggunakan wajan kecil

Pilihlah wajan yang memiliki permukaan yang rata dan lapang yang akan memudahkan Anda memindahkan adonan bahkan saat membalik pancake.

Atau gunakan wajan anti lengket, wajan besi atau wajan berdasar tebal. Jika wajan terlalu tipis adonan akan mudah hangus.

7. Tidak mengolesi wajan dengan mentega

Lebih baik olesi wajan dengan mentega. Atau pilihlah minyak netral seperti biji anggur atau canola. Lebih baik lagi jika memakai clarified butter atau mentega yang sudah dijernihkan. Mentega memberi aroma wangi pada pancake. Gunakan handuk kertas bersih untuk mengaplikasikannya pada wajan. Hal tersebut memastikan bahwa wajan dilapisi secara merata dan tidak ada yang lengket.

Ini 12 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membuat PancakeFoto: Instagram

8. Tuang adonan langsung dari mangkuk ke wajan

Hindari menuangkan adonan langsung dari mangkuk adonan ke atas loyang atau wajan. Melakukan hal itu mungkin terlihat menghemat mangkuk, tetapi pada akhirnya menghasilkan bentuk pancake cacat yang ukurannya berbeda-beda, belum lagi berantakan. Untuk menghasilkan ukuran yang lebih baik, maka coba gunakan sendok atau gelas ukur.

9. Membalik terlalu cepat atau terlalu sering

Ini kesalahan umum yang banyak dilakukan orang. Begitu melihat ada gelembung kecil di keliling pancake langsung dibalik. Seharusnya pastikan gelembung di permukaan pancake membentuk lubang di seluruh permukaannya. Itu sebagai tanda pancake mulai matang dan baru bisa Anda membaliknya dan warnanya menjadi kecokelatan cantik. Maka sebaiknya jangan membolak-balik pancake cukup sekali saja.

10. Memasak pancake pada suhu yang salah

Jika bagian bawah pancake terlalu gosong tetapi gelembung belum terbentuk, ini menunjukkan bahwa tingkat panas terlalu tinggi. Maka sebaliknya, jika bagian bawah belum berwarna emas matang dan gelembung sudah terbentuk, maka tingkat panasnya terlalu rendah.

Ini 12 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membuat PancakeFoto: Istock

11. Tidak mencicipi pancake pertama yang sudah jadi

Memasak tentu saja tidak lepas dari mencicipi. Seperti crepes, pancake membutuhkan tingkat panas dan waktu yang sempurna untuk memaksimalkan hasilnya. Cicipi dulu pancake pertama yang sudah matang agar Anda tahu bagaimana rasa pancake yang sudah jadi. Jika rasanya sudah pas, bisa dilanjutkan dengan pancake lainnya.

12. Menggunakan sirup pancake olahan

Kini banyak sirup pancake komersial datang dalam kemasan baru, yang instan dan langsung dapat dihidangkan. Sirup palsu ini ternyata terbuat dari gula olahan dan mengandung rasa dan pewarna buatan. Maka sebaiknya Anda tetap gunakan sirup maple murni meskipun harganya sedikit lebih mahal tapi akan menghasilkan rasa yang jauh lebih enak dibandingkan sirup olahan.

Atau Anda bisa tambahkan sepotong mentega di permukaan pancake dan biarkan meleleh supaya menciptakan rasa pancake lebih baik lagi.

Baca Juga: Membuat Pancake yang Bundar dan Bagus (lus/lus)