Ini Caranya Agar Pancake Lebih Lembut Mengembang

Odilia Winneke - detikFood Rabu, 14 Sep 2016 15:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tekstur pancake yang menggembung dan lembut tentu lebih enak. Ikuti saja trik ini untuk membuatnya.

Pancake kini bisa dinikmati bukan hanya buat sarapan tetapi juga buat menu makan malam. Ada pancake dengan tepung whole wheat atau tepung terigu serbaguna. Ada dua cara sederhana untuk membuat pancake jadi lebih ringan, empuk teksturnya.

Pertama siapkan bahan pancake seperti biasa. Untuk susu bisa diganti dengan air soda tawar (soda water) yang sudah didinginkan di kulkas dengan jumlah sama dengan susu cair dalam resep. Aduk bersama bahan lainnya dan diamkan adonan ini beberapa saat hingga terbentuk buih-buih kecil dalam adonan. Tutup wadahnya dengan kain dan biarkan sekitar 30 - 45 menit.

Setelah itu cetak pancake dalam wajan datar yang sudah diolesi mentega. Kandungan soda dalam air soda akan membuat adonan sedikit mengembang dan pancake menjadi lebih lembut teksturnya.

Cara yang kedua, dalam resep untuk pemakaian telur, pisahkan kuning dan putihnya. Aduk kuning telur dengan bahan-bahan lainnya hingga rata dan licin. Sementara itu kocok putih telur hingga mengembang dan naik.

Campurkan putih telur kocok ke dalam adonan pancake dan aduk hingga rata. Aduk perlahan agar adonan tidak turun. Selanjutnya cetak pancake seperti biasa. Tambahkan saus strawberry atau blueberry sesuai selera. Untuk resep Pancake dengan Keju Ricotta bisa diklik di sini! (odi/odi)