Ini Dia 5 Toko Roti Tertua di Indonesia

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 02 Apr 2019 17:26 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Meskipun banyak jenis roti modern dengan paduan bahan kekinian. Namun roti jadul ini selalu membuat kita kembali ke masa lalu dan tentu rasanya dijamin enak.

Bukti kalau roti jadul memiliki rasa dan kualitas yang bagus adalah masih banyak toko roti legendaris di Indonesia. Bertahan hingga kini, kebanyakan toko roti jadul ini masih dibuat secara tradisional. Terdapat di beberapa kota, pembeli dari roti jadul ini bukan hanya warga sekitar. Para wisatawan juga sering membeli roti ini sebagai oleh-oleh.

Masih dibuat dengan bahan alami tanpa pengawet. Berikut ini beberapa toko roti legendaris yang ada di Indonesia.

Baca juga: 5 Restoran Legendaris Ini Gulung Tikar dan Tutup Selamanya

1. Toko Bogor Permai

Ini Dia 5 Toko Roti Tertua di Indonesia
Foto: DavestPay

Kalau ke Bogor coba mampir ke toko roti ini. Toko ini terkenal dengan aneka roti dan kue tradisional. Sudah berdiri sejak tahun 1963, hingga kini mereka masih menjual jenis roti jadul yang membuat banyak orang kangen.

Ada roti tapal kuda, roti selai nanas, roti keset dan roti gambang. Roti gambang jadi salah satu yang paling difavoritkan dengan warna cokelat dan rasa yang legit. Roti ini dibuat dari campuran gula merah, terigu dan juga mentega.

Lokasinya ada di Jalan Jenderal Sudirman No. 23, Bogor. Tertarik mampir?

2. Toko Roti Go

Ini Dia 5 Toko Roti Tertua di IndonesiaFoto: Istimewa

Disebut sebagai toko roti tertua di Indonesia. Toko roti asal Purwokerto ini sudah ada sejak tahun 1898. Toko roti yang dibangun oleh pasangan suami-istri Go Kwe Ka dan Oei Oak Ke Nio, tempat ini bisa jadi destinasi belanja oleh-oleh pengunjung yang datang ke Purwokerto, Jawa Tengah.

Tokonya memiliki dekorasi kuno dengan banyak varian roti dan cake. Kurang lebih ada sekitar 80 varian roti dan 10 jenis cake. Semuanya dibuat tanpa pengawet. Salah satu roti yang bisa dicoba adalah roti kopi brood hingga pastry horn dengan isian vla.

Tempatnya ada di Jalan Jenderal Sudirman, Kauman Lama, Purwokerto.

3. Toko Roti Sidodadi

Ini Dia 5 Toko Roti Tertua di IndonesiaFoto: Istimewa

Sudah berjualan sejak tahun 1954, toko roti yang berlokasi di Jalan Otista No. 225, Bandung ini punya roti jadul yang enak. Salah satu kue jadul yang kian langka adalah kue bangket.

Yang menjadi ciri khasnya adalah roti yang proses pemanggangannya masih dengan arang. Selain itu ada juga ragam roti klasik seperti roti kismis, roti gambang dan roti tawar. Kalau mau jajanan pasar bisa juga cicip carabikang, onde-onde, risoles dan bubur manis bersiram kuah gula merah.

4. Toko Roti Orion

Ini Dia 5 Toko Roti Tertua di IndonesiaFoto: Istimewa

Berkunjung ke Solo jangan lupa mampir ke toko roti ini. Dikategorikan sebagai toko roti legendaris, Orion sudah berdiri sejak tahun 1932. Siapa saja yang mampir ke Solo pasti tak melewatkan untuk mencicip atau sekedar membeli oleh-oleh.

Lokasinya ada di dekat Pasar Gede, Solo. Salah satu kue yang paling menjadi andalannya adalah kue lapis. Jenis roti Mandarijn ini ada yang original dengan balutan selai nanas, kismis dan juga rum butter.

5. Toko Oen

Ini Dia 5 Toko Roti Tertua di IndonesiaFoto: Istimewa

Toko roti paling legendaris ada di Semarang. Menempati gedung yang kental dengan suasana klasik, toko Oen punya aneka roti dan kue kering jadul khas Belanda.

Pilihannya ada poffertjes, ontbijtkoek hingga kue ganjel rel. Selain kue ada juga hidangan klasik dengan sentuhan Belanja seperti bistik sapi hingga aneka es krim. Lokasinya ada di Jalan Pemuda No. 52, Bangunharjo, Semarang.

Baca juga: Ini 7 Tempat Makan Es Krim Legendaris di Indonesia (lus/odi)