Kirim Burger ke Luar Angkasa, Pria Ini Rekam Perjalanan Burgernya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 01 Apr 2019 17:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bagaimana jadinya kalau burger diterbangkan pakai balon udara? YouTuber ini coba membuktikan perjalanan burger ke luar angkasa hingga memakan burger itu.

YouTuber asal Inggris, Tom Stanniland sedang jadi bahan perbincangan karena lakukan eksperimen unik. Ia menerbangkan Big Mac McDonald's (McD) dengan balon udara lalu coba melacak kembali burger itu sampai dapat.

Dikutip dari Today (1/4), tujuan Stanniland melakukan hal ini juga untuk mencicip rasa burger yang sudah terkena udara ketinggian. "Saya sudah melihat orang mengirim barang-barang ke luar angkasa tapi belum pernah ada yang kirim burger, jadi saya ingin jadi orang pertama yang melakukannya," kata Stanniland.

Kirim Burger ke Luar Angkasa, Pria Ini Rekam Perjalanan BurgernyaFoto: Istimewa

Ia mengaku butuh waktu beberapa minggu untuk menyiapkan eksperimen unik ini. Alat yang Stanniland gunakan antara lain balon udara, 4 kaleng helium, kamera GoPro, satu Big Mac, dan lem super.

Stanniland lalu mengemas burger di dalam kotak polystyrene yang direkatkan dengan lem. Ia memastikan tidak mengelem salah satu bagian burger sehingga nanti bisa dimakan kalau burger itu kembali kepadanya dalam keadaan utuh.

Baca Juga: Thailand Akan Kirimkan Durian ke Luar Angkasa untuk Para Astronot

"Jika berhasil, hal ini akan menjadi keajaiban. Ada banyak hal yang bisa salah," kata Stanniland. Beberapa kendala yang mungkin terjadi adalah suhu yang tidak wajar atau GoPro jadi beku atau terlalu panas. Selain itu, tali bisa saja putus, balon udara meletus, dan alat pelacak berhenti bekerja.

Kirim Burger ke Luar Angkasa, Pria Ini Rekam Perjalanan BurgernyaFoto: Istimewa

Burger juga sangat mungkin rusak karena terpapar berbagai unsur. Mulai dari matahari, awan, stratosfer, burung, atau pesawat terbang.

Pada percobaan pertama Stanniland sempat gagal, namun di percobaan kedua ia berhasil melepas burger dengan balon udaranya. Sempat menghilang semalaman, akhirnya burger Stanniland bisa ditemukan keesokan harinya.

Burger itu diketahui ada di fasilitas pelatihan sepak bola Colchester United. Jarak tempat ini adalah 3 jam berkendara dengan mobil dari rumah Stanniland.

Stanniland akhirnya benar-benar bisa bertemu dengan burger yang ia terbangkan. Semuanya utuh hanya saja burger sedikit rapuh.

Kirim Burger ke Luar Angkasa, Pria Ini Rekam Perjalanan BurgernyaFoto: Istimewa

Baca Juga: Nyamm! Astronot di Luar Angkasa Mendapat Kiriman Es Krim hingga Pizza

Selanjutnya Stanniland benar-benar mencicip burger luar angkasa. "Ini tidak enak. Rasanya seperti burger yang seharusnya tapi sangat, sangat kering. Saya harus mengunyah selama sekitar 2 menit dan memaksanya untuk turun ke pencernaan," kata Stanniland.

Menanggapi hal ini, McD Inggris berkicau di Twitter. "Kami selalu tahu Big Mac keluar dari dunia ini," tulis pihak McD.

Video Stanniland berjudul "I Sent a McDonald's Big Mac to Space & Ate It (First McDonalds Burger in Space)" ini sudah ditonton lebih dari 565.000 kali. Kalau tertarik melihatnya, Anda bisa mengintip video berikut.


(adr/odi)